Jawa Pos

Lepas Ribuan Bibit Ikan di Kandang Siamang

-

SURABAYA – Ribuan bibit ikan dilepas di beberapa kolam Kebun Binatang Surabaya kemarin (10/9). Pelepasan pertama dilangsung­kan di kandang siamang, kemudian dilanjutka­n di kolam musang binturung. Aktivitas itu pun menyedot perhatian ratusan pengunjung KBS.

’’ Ayo, pelan-pelan. Satu... Dua... Tiga,’’ ucap Sudarmadji, ketua Serikat Karyawan KBS. Ada tiga kantong plastik bibit ikan yang dilepas di kandang siamang. Beberapa pengunjung ikut bergabung melepas bibit-bibit ikan berjenis Cyprinus carpio (ikan mas) dan Oreochromi­s niloticus (ikan nila).

Ya, pelepasan 1.000 bibit ikan ke kolam peraga satwa tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke101 KBS. Sekaligus merayakan setahun berdirinya Serikat Karyawan KBS.

Sudarmadji menyatakan, pelepasan bibit ikan nila dan ikan mas ke kolam peraga satwa menjadi salah satu cara untuk menjaga ekosistem. Khususnya ekosistem di lingkungan KBS. ’’ Ini bentuk kepedulian kami. Di beberapa kandang peraga satwa ada kolam. Misalnya, di kandang siamang. Jadi, ekosistemn­ya perlu dijaga,’’ katanya.

Menurut dia, ikan-ikan yang dilepaskan di kolam akan menjaga keseimbang­an lingkungan di kandang satwa. Harapannya, langkah tersebut nantinya berdampak positif bagi lingkungan sekitar. ’’ Manfaat ikan di dalam kolam itu sangat banyak,’’ katanya.

Ikan, lanjut Sudarmadji, bisa menjadi indikator kualitas air. Juga, bisa berfungsi sebagai media pengurai sampah sisa makanan atau pakan yang jatuh di dalam kolam. Sekaligus dapat menjadi pengendali perkembang­an jentik-jentik nyamuk. ’’ Kalau ada banyak ikan membuat kolam lebih cantik. Pengunjung jadi lebih nyaman,’’ tuturnya.

Sudarmadji menuturkan, para karyawan KBS memiliki banyak kreativita­s. Karena itu, Serikat Karyawan KBS dibentuk. (ayu/c15/git)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? JAGA EKOSISTEM: Sudarmaji melepas bibit ikan mas dan nila di KBS kemarin.
GHOFUUR EKA/JAWA POS JAGA EKOSISTEM: Sudarmaji melepas bibit ikan mas dan nila di KBS kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia