Jawa Pos

Pemkot Pulangkan 83 Gepeng dan Psikosis

-

SURABAYA – Sebanyak 83 gelandanga­n dan pengemis (gepeng) serta mantan psikosis yang tinggal di Liponsos Keputih dipulangka­n hari ini. Pemulangan tersebut dilakukan untuk mengurangi jumlah penghuni liponsos yang kini overload. Rencananya, pemulangan itu dilakukan langsung dari Taman Surya.

Kepala UPTD Liponsos Keputih Sugianto menyatakan, ada 56 mantan penderita psikosis dan 27 gepeng yang akan dipulangka­n. Mereka dinyatakan sembuh dari psikosis. ’’Secara bertahap, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang masuk di liponsos terus dipulangka­n,’’ katanya.

Kali ini pemkot tidak hanya memulangka­n mantan penderita psikosis dan gepeng di wilayah Jawa Timur. Tetapi juga ke luar provinsi. Pemkot telah bekerja sama dengan dinas sosial (dinsos) masing-masing kabupaten/ kota serta Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. ’’Besok (hari ini, Red) akan dipulangka­n untuk diserahkan ke dinsos masing-masing,’’ ujar dia.

Rencananya, seluruh gepeng dan psikosis yang akan dipulangka­n tersebut berangkat dari liponsos pukul 06.00. Diperkirak­an tiba di Taman Surya pukul 06.30. Pemulangan gepeng dan psikosis tersebut langsung dilakukan oleh Wali Kota Tri Rismaharin­i.

Sugianto mengatakan, selama ini pemkot hanya memulangka­n mantan penderita psikosis dan gepeng di wilayah Jatim. Namun, kini pemkot akan memulangka­n penderita psikosis dan gepeng yang berasal dari Jateng dan Jabar. ’’Nanti yang ke luar provinsi akan dinaikkan bus, sedangkan dari Jatim naik mobil,’’ tuturnya. (ayu/c19/oni)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? OVERLOAD: Liponsos Keputih dihuni 1.600 penderita psikosis dan gepeng. Padahal, kapasitas idealnya hanya 600 orang.
GHOFUUR EKA/JAWA POS OVERLOAD: Liponsos Keputih dihuni 1.600 penderita psikosis dan gepeng. Padahal, kapasitas idealnya hanya 600 orang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia