Jawa Pos

Pemkab Serius Garap Kompleks Candi Pari

-

SIDOARJO – Keinginan publik agar kompleks Candi Pari dipoles lebih ciamik bakal terwujud. Pemkab betul-betul serius menjadikan candi di wilayah Kecamatan Porong itu sebagai salah satu ikon andalan Kota Delta. Tahun depan wajah baru Candi Pari sudah bisa dinikmati para wisatawan. Untuk membuat kawasan Candi Pari makin eksotis, pemkab mengucurka­n dana Rp 4,5 miliar. Perinciann­ya, Rp 523 juta untuk membangun gapura dan Rp 4 miliar untuk memperbaik­i akses jalan ke kawasan tersebut. Ada dua candi di kompleks Candi Pari. Yakni, Candi Pari dan Candi Sumur. Masih di kawasan itu, ada pula Candi Pamotan. Jaraknya 1 kilometer ke arah selatan dari Candi Pari. ’’Nah, fasilitas dan akses menuju tiga candi tersebut yang akan kami benahi,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo Sigit Setyawan. Menurut Sigit, gapura akan dibangun di halaman masuk Candi Pari dan Candi Sumur. Konsepnya mirip zaman kerajaan pada masanya. Adapun, untuk akses jalan, pemkab akan memperbaik­i dan menambahka­n saluran. Kebijakan tersebut merupakan bentuk keseriusan pemkab untuk meningkatk­an destinasi wisata budaya. (jos/c7/hud)

 ?? JOS RIZAL/JAWA POS ?? CAGAR BUDAYA: Candi Pari di Desa Candi Pari, Porong, termasuk tempat wisata yang dikunjungi banyak pelancong.
JOS RIZAL/JAWA POS CAGAR BUDAYA: Candi Pari di Desa Candi Pari, Porong, termasuk tempat wisata yang dikunjungi banyak pelancong.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia