Jawa Pos

Nglurug Kantor First Travel

-

SIDOARJO – Calon jamaah umrah First Travel (FT) Cabang Kota Delta gusar dengan nasibnya yang terkatung-katung. Kemarin (10/9) belasan jamaah berkumpul di Perumahan Bumi Citra Fajar, Sidoarjo. Mereka ingin memastikan perkembang­an perkara itu. Mendapat refund (pengembali­an uang) atau bisa berangkat melalui biro travel lain.

Kepala Cabang FT Sidoarjo Rudy Hermanady yang sebelumnya berada di Jakarta kini sudah kembali. Menurut dia, salah satu solusi yang bisa ditempuh saat ini adalah mendaftark­an para korban ke PKPU (penundaan kewajiban pembayaran utang). Nah, syaratnya adalah surat kuasa pernyataan para jamaah. ’’Ini sangat menentukan, arahnya akan condong ke pailitnya perusahaan atau tetap berangkat dengan cara lain,” jelasnya.

Rudy menerangka­n, dua kemungkina­n itu akan ditentukan pengadilan niaga. Jika memang pailit, negara bakal menyita seluruh aset perusahaan. Lalu, menjual dan membagi rata hasilnya kepada para jamaah yang menjadi korban penipuan. Nah, kemungkina­n kedua, pengadilan niaga mengusulka­n kepada Kementeria­n Agama (Kemenag) agar memperpanj­ang izin FT untuk sementara. ’’Baru kalau tidak disetujui, calon jamaah menggunaka­n sarana dari travel lain,” ucapnya. (edi/c7/ai)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? TUNTUT KEJELASAN: Rudy Hermanady (kanan, membawa berkas kertas) bersama Imam (tengah) mengoordin­asikan calon jamaah umrah di kawasan Bumi Citra Fajar kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS TUNTUT KEJELASAN: Rudy Hermanady (kanan, membawa berkas kertas) bersama Imam (tengah) mengoordin­asikan calon jamaah umrah di kawasan Bumi Citra Fajar kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia