Jawa Pos

Bukit Hollywood Cadas, Off-roader Puas

-

GRESIK mempunyai medan cadas untuk arena off-road. Penggemar olahraga ekstrem itu menikmati tantangan dan gaya hidup mereka dengan keberadaan Bukit Hollywood. Dulu bukit tersebut merupakan lahan bekas tambang Semen Indonesia. Kini tempat itu menjadi kawah candradimu­ka para off-roader.

” Bukit Hollywood ini sudah melahirkan banyak off-roader nasional,” kata Ketua Komunitas Mobil Club Semen Gresik (MobSG) Setiawan Prasetyo kepada Jawa Pos.

Salah satu klub yang lahir dari tempaan Bukit Hollywood adalah Semen Gresik Off-road (SGO). Iwan, sapaan Setiawan Prasetyo, menuturkan bahwa SGO sudah merengkuh berbagai prestasi mengesanka­n. Pada 2006 SGO menjadi juara kedua nasional. Puncaknya, pada 2017 klub bentukan para karyawan Semen itu berhasil memuncaki tangga juara seri kejuaraan off-road nasional. ”Capaian ini membanggak­an nama Gresik dan korporasi Semen Gresik,” ungkap Iwan.

Selain SGO, SG Jagal alias Semen Gresik Jangan Gagal menjadi andalan dalam kejuaraan-kejuaraan penting. Saat ini SG Jagal turun dalam European Touring Car Championsh­ip (ETCC) 2017 di Sentul, Bogor. Untuk sementara, mereka meraih posisi kedua dalam seri keempat ETCC. ”Kami bertekad juara tahun ini,” jelas Sholihin, atlet utama SG Jagal.

Bukit Hollywood terletak di Kebomas. Dataran tinggi itu mempunyai kontur alam yang menantang dan cadas. Tanjakanny­a lebih dari 90 derajat. Banyak varian trek. Ada trek tanjakan, speed, halang rintang, dan manuver.

Off-roader yang mampu menaklukka­n Hollywood benar-benar puas. ”Bukit ini sudah dijajal banyak off-roader lintas daerah. Termasuk dari luar negeri,” ungkap karyawan Semen Indonesia tersebut.

Berbagai event besar pernah dilangsung­kan di sana. Iwan mengungkap­kan, meski merupakan aset PT Semen Indonesia, Bukit Hollywood bisa dimanfaatk­an secara luas oleh warga Gresik. Terutama untuk event olahraga atau tema lingkungan. ’’Bisa dimanfaatk­an. Silakan untuk hal-hal yang positif,” jelas pria murah senyum itu. (mar/c20/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia