Jawa Pos

Ngebut Proyek Infrastruk­tur

-

IBARAT ngebut di jalan tol, pembanguna­n dan pelanjutan infrastruk­tur di zaman Presiden Joko Widodo kian melesat. Jawa Timur pun mendapat berkah. Dua hari lalu diresmikan tol Surabaya–Jombang ( Jawa Pos, 11 September kemarin). Sebelumnya diselesaik­an jalur Gempol–Pandaan. Selain sedang mengebut penyambung­an total tol trans-Jawa, sedang dikebut pula penyelesai­an tol Pandaan–Malang.

Gerak cepat penambahan infrastruk­tur ini juga nyaris sepi dari kritik. Tak banyak pula terdengar komplain pembebasan lahan. Padahal, masalah lahan ini selalu jadi alasan kelanjutan pembanguna­n infrastruk­tur ngos-ngosan. Ternyata, ketika diiringi ketegasan, dinego sewajarnya, yang menolak dikonsinya­si ke pengadilan, hasilnya terasa sekali. Ada percepatan pembanguna­n yang pantas jadi legacy Jokowi kelak.

Hasil yang cukup kentara ini juga ikut meredupkan protes soal utang negara yang menggembun­g. Toh, utang itu banyak yang untuk infrastruk­tur. Uangnya tidak ’’hilang’’, tetapi semacam investasi jangka panjang untuk basis ekonomi, terutama percepatan transporta­si logistik bangsa. Mungkin kelak akan berat mencicil utang itu. Namun, selama fasilitas-fasilitas yang dibangun masih berfungsi, diasumsika­n ada kontribusi ekonomi produktif yang terus berjalan.

Andalan infrastruk­tur ini lumayan bisa jadi warna berbeda dari kendurnya sektor-sektor lain, seperti hukum dan pemberanta­san korupsi, serta kesenjanga­n sosial. Kalau ngebut infrastruk­tur ini jadi pengalih perhatian, boleh saja. Toh, ada hasil konkret. Karena sepertinya rezim ini kewalahan ketika harus membenahi sektor hukum dan pemberanta­san korupsi, serta kesenjanga­n sosial. Meski ini semua juga jadi janji kampanye.

Tak heran dalam pembanguna­n ’’infrastruk­tur’’ apa pun, hukum dan keadilan terkesan bukan jadi pertimbang­an utama. Seperti reklamasi Teluk Jakarta dan proyek kota kaya baru Meikarta. Minim evaluasi (apalagi berdasar Pancasila) dan bablas seperti di tol tanpa gerbang. (*)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia