Jawa Pos

BI Proyeksi Kurs Melemah

-

JAKARTA – Kondisi ekonomi eksternal masih menjadi sentimen utama bagi pergerakan ekonomi dalam negeri pada tahun depan. Faktor eksternal diperkirak­an menyumbang separo dari bobot kondisi ekonomi domestik.

”Faktor eksternal ini sulit diperkirak­an. Kalau datanya apa bobotnya (pada nilai tukar rupiah, Red), sangat mungkin bisa di atas 50 persen,” kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswar­a dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR kemarin (11/9).

Kondisi ekonomi AS pada tahun depan harus terus diwaspadai dengan penuh kehati-hatian. Sebab, tren kenaikan suku bunga Federal Fund Rate (FFR) masih berlanjut. Tahun ini FFR diprediksi hanya naik dua kali. Pada tahun depan, FFR diprediksi naik 2–3 kali. Pada saat yang sama, suku bunga di European Central Bank (ECB) pada tahun depan diperkirak­an terus meningkat.

Jika FFR terus naik pada 2018, daya tarik mata uang negara-negara emerging market menjadi kurang menarik jika dibandingk­an dengan tahun ini. ”Saya rasa Rp 13.400 masih bisa masuk range. Lebih kuat dari itu, rasanya kurang baik,” terangnya.

Pria kelahiran Surabaya tersebut melanjutka­n, sebetulnya hal yang terpenting bagi ekonomi adalah stabilitas nilai tukar rupiah. Bukan terlalu lemah atau terlalu kuat. Alasannya, nilai tukar rupiah yang terlalu kuat membuat komoditas ekspor kurang dapat bersaing. Sementara itu, nilai tukar yang terlalu lemah menyulitka­n importer.

Pada gilirannya, nilai tukar yang terlalu lemah akan menurunkan ekspor. Sebab, banyak barang impor yang merupakan bahan baku untuk ekspor. Bila harga barang impor naik, inflasi juga akan terkerek. ”Rupiah yang bagus bagaimana? Yang mencermink­an ekuilibriu­m ekonomi, fundamenta­l ekonomi, support neraca dagang surplus, dan inflasi rendah. Bukan berarti rupiah menguat terus bagus buat ekonomi,” tegasnya.

BI memproyeks­ikan nilai tukar rupiah pada akhir tahun ini berada di level Rp 13.420 per USD.

Dalam APBNP 2017, asumsi kurs rupiah dipatok Rp 13.400 per USD. Sementara itu, dalam RAPBN 2018, asumsi kurs rupiah diusulkan Rp 13.500 per USD. BI juga memproyeks­ikan pertumbuha­n ekonomi pada tahun depan 5,26 persen dengan tingkat inflasi 3,3 persen. (dee/c16/noe)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia