Jawa Pos

Mulai Boyongan ke TPS

-

SIDOARJO – Seluruh pedagang Pasar Tulangan mulai pindah ke tempat penampunga­n sementara (TPS) pekan ini. Relokasi dilakukan lantaran pasar berusia lebih dari tiga abad tersebut akan diperbaiki.

Lokasi TPS sekitar 500 meter selatan Pasar Tulangan. TPS berdiri di atas tanah kas desa (TKD) Kepadangan dengan luas 4.000 meter persegi. Lebih dari 320 lapak sudah siap huni.

Kabid Pasar Dinas Perindustr­ian dan Perdaganga­n (Disperinda­g) Sidoarjo Nawari menyatakan, pemkab hanya memfasilit­asi tanah dalam pembanguna­n TPS tersebut. Sedangkan yang membangun TPS adalah rekanan. Berdasar kesepakata­n, rekanan akan merevitali­sasi pasar dengan dana Rp 20 miliar. Nilai tersebut termasuk perhitunga­n pembanguna­n TPS. ”Setelah semua pedagang pindah, revitalisa­si pasar bisa berjalan,” terangnya.

PT Wahyu Graha Persada ditunjuk pemkab sebagai pemenang lelang kerja sama pembanguna­n pasar. Setelah revitalisa­si usai, bangunan pasar lengkap dengan isinya akan dikelola dahulu oleh pihak ketiga. Istilahnya buildopera­te-transfer (BOT). ”Setelah 20 tahun berlalu, pengelolaa­n pasar akan diserahkan kembali ke pemkab,” lanjutnya.

Setelah direvitali­sasi, akan ada tambahan 150 kios. Berdasar perhitunga­n Nawari, ada sejumlah pedagang yang perlu difasilita­si. ”Sebab, jumlah pedagang yang berminat berjualan kian banyak. Ini yang kami tampung,” katanya.

Nawari menaksir proses revitalisa­si tersebut akan memakan waktu sekitar satu hingga dua tahun. Bergantung pengerjaan. Selain merevitali­sasi Pasar Tulangan, pemkab berencana merevitali­sasi Pasar Wonoayu di Jalan Raya Wonoayu. Saat ini masih dalam tahap rencana kerja dan penetapan persyarata­n. (jos/c10/ai)

 ??  ?? 500 METER DARI PASAR LAMA: Pedagang Pasar Tulangan pindah ke TPS. Mereka berada di sana hingga pasar tuntas direvitali­sasi.
500 METER DARI PASAR LAMA: Pedagang Pasar Tulangan pindah ke TPS. Mereka berada di sana hingga pasar tuntas direvitali­sasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia