Jawa Pos

Beri Resep Berinterne­t Sehat

-

SIDOARJO  Siapa yang suka main internet lebih dari dua jam per hari? Meski perkembang­an teknologi tidak bisa dihindari, terlalu banyak bermain internet tetap tidak sehat. Terutama bagi anak-anak usia SMP sekarang yang tergolong dalam generasi Z.

Generasi tersebut lahir dan tumbuh beriringan dengan perkembang­an teknologi yang pesat. Di samping segudang manfaatnya, dampak buruk internet juga mengintai mereka. Hal itulah yang akan disampaika­n Dra Srisiuni Sugoto MSi PhD dalam road show Tangkis Teen hari ini.

Psikolog sekaligus dosen Universita­s Surabaya (Ubaya) tersebut bakal menanamkan pentingnya berinterne­t sehat bagi siswa-siswi SMPN 1 Sidoarjo.

Menurut dia, kejahatan di internet sangat rawan terjadi kepada anak-anak usia SMP. Pada masa itu, terjadi perubahan bentuk fisik dan hormon terhadap anak. Dalam tahap itulah anak sangat membutuhka­n bimbingan orang tua. Hal tersebut dilakukan supaya dia tidak mencari tahu dari orang asing yang baru dikenalnya di internet.

Pelaku cybercrime kerap memalsukan foto dan identitas demi menjerat pelaku. Dengan identitas yang meyakinkan dan kata-kata sopan, anak usia SMP bisa teperdaya. ’’Jangan salah. Pelaku biasanya fotonya bagus dan perilakuny­a terkesan sopan lho. Hal itu sangat berbahaya,’’ kata Srisiuni.

Setelah mengarahka­n anak-anak, Srisiuni juga membekali orang tua supaya sigap menghadapi anak yang kecanduan internet. Dalam hal ini, dia akan memberikan penegasan agar orang tua tidak membiasaka­n anak bermain gawai sejak dini. Biasanya, orang tua memang cenderung tidak mau repot mendamping­i anak dalam masa tumbuh kembang. Karena itu, gawai kerap dianggap menjadi solusi instan. ’’Gawai dan internet itu sangat tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah 2 tahun,’’ tandasnya.

Jangan lupa, selain road show, Tangkis punya program Community Competitio­n. Kompetisi bagi komunitas perempuan se-Indonesia itu masih dibuka hingga 26 November mendatang. Lebih jelasnya buka forher. jawapos.com. (adn/c19/ayi)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? ROAD SHOW: For Her Tangkis mengunjung­i SMPN 26 Malang pekan lalu. Besok giliran siswa-siswi SMPN 1 Sidoarjo.
DITE SURENDRA/JAWA POS ROAD SHOW: For Her Tangkis mengunjung­i SMPN 26 Malang pekan lalu. Besok giliran siswa-siswi SMPN 1 Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia