Jawa Pos

TKI Dewan Sudah Cair

Setara Tujuh Kali Gaji Bupati Per Bulan

-

SIDOARJO – Awal bulan ini menjadi momen melegakan buat DPRD Sidoarjo. Sebab, per 1 September lalu, take home pay anggota dewan bertambah. Tambahan pendapatan itu berasal dari tunjangan komunikasi intensif (TKI).

Besarnya tujuh kali gaji pokok kepala daerah. Nah, gaji bupati Sidoarjo saat ini Rp 2,1 juta per bulan. Jika dikalikan tujuh, total setiap anggota dewan mendapatka­n tambahan Rp 14,7 juta.

Sekretaris DPRD Sidoarjo Endang Soesijanti mengatakan, pemberian tunjangan itu merupakan tindak lanjut pengesahan Perda Inisiatif DPRD tentang Hak Keuangan dan Administra­si Pimpinan dan Anggota DPRD. ’’Semuanya (anggota dewan, Red) sudah menerima TKI,’’ terang Endang kemarin (11/9).

Perempuan asal Surabaya itu menyebutka­n, besaran TKI yang diterima tiap anggota dewan sama. Rumusannya, gaji pokok bupati dikalikan tujuh. Angka tujuh itu berdasar pada PP No 18 Tahun 2017. Ada tiga tingkatan. Bagi daerah yang kemampuan keuanganny­a rendah, TKI hanya tiga kali gaji pokok kepala daerah. Di daerah yang kemampuan keuanganny­a sedang, TKI-nya lima kali gaji pokok kepala daerah. Sementara itu, untuk daerah dengan APBD besar, TKI yang diterima tujuh kali gaji bupati.

Kota Delta, lanjut Endang, tergolong wilayah yang tingkat keuanganny­a tinggi. Salah satu indikatorn­ya adalah APBD yang mencapai Rp 4,2 triliun. Selain TKI, dalam PP No 18 Tahun 2017, anggota DPRD bakal menerima dua tunjangan lain. Yaitu, tunjangan reses dan tunjangan transporta­si. Endang mengatakan, saat ini keduanya masih dibahas. ’’Dirapatkan di perubahan anggaran keuangan (PAK),’’ lanjutnya.

Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan mengungkap­kan, begitu perda inisiatif dewan tuntas, DPRD langsung mengusulka­n tunjangan reses dan tunjangan transporta­si kepada pemkab. ’’Kami masih menunggu perbup,’’ kata Wawan, sapaannya.

Untuk tunjangan transporta­si, angka yang diusulkan Rp 8,5 juta. Terpaut Rp 300 ribu dari DPRD Kota Surabaya yang besarnya Rp 8,8 juta. Angka itu diperoleh dari hasil appraisal yang dilakukan DPRD. Kajiannya dilakukan dengan membanding­kan tarif sewa mobil dari sejumlah penyedia jasa sewa kendaraan. ’’Setara dengan sewa kendaraan Toyota Kijang Innova,’’ ujarnya.

Untuk tunjangan reses, dia mengatakan, rumusannya sama dengan TKI. Yaitu, tujuh kali gaji pokok bupati. ’’Hanya diberikan tiap reses. Tiga kali setahun.’’ (aph/c7/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia