Jawa Pos

Otomotif Positif sampai Akhir Tahun

-

SURABAYA – Pasar otomotif di Jawa Timur pada periode Januari hingga Agustus mengalami kenaikan 4 persen. Di antara lima APM (agen pemegang merek) terbesar di Jatim, terdapat empat APM yang mampu menikmati kenaikan penjualan.

Meski demikian, Koordinato­r Wilayah Kepala Cabang Auto2000 Jawa Timur Hasan menyatakan, kenaikan pasar otomotif di Jatim belum sesuai dengan yang diharapkan. Total pasar otomotif di Jatim pada periode tersebut 88 ribu–90 ribu unit kendaraan. ”Seharusnya pada kuartal keempat bisa tumbuh lebih baik karena penyerapan anggaran yang dialokasik­an ke proyekproy­ek sudah harus jalan sehingga berdampak terhadap industri lain,” urainya.

Sales & Marketing Director PT United Motors Center Fredy Teguh Prasetyo menuturkan, pasar kendaraan roda empat di Jatim mulai pulih pada Juli dan Agustus. ”Pada semester pertama penjualan kendaraan roda empat hanya sekitar 10 ribu unit per bulan. Tetapi, pada Juli dan Agustus mulai naik ke angka 11 ribu unit per bulan,” tuturnya.

Kenaikan permintaan didorong perbaikan daya beli masyarakat pada semester kedua. ”Proyek infrastruk­tur juga mulai bergairah dan perekonomi­an Jatim pun lebih tahan banting dibanding daerah lain,” ujarnya.

Section Head East Java, Bali, NTB Section Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Heru Siswantoro memprediks­i, penjualan kendaraan penumpang di Jatim hingga akhir tahun tetap tumbuh positif. Alasannya, banyak proyek jalan tol yang sedang berjalan dan masyarakat mendapatka­n kompensasi dana dari pembebasan lahan. (vir/c21/noe)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia