Jawa Pos

MENGGENDUT DEMI DICK CHENEY

Proyek Baru Christian Bale

-

TORONTO – Master Bruce, is that you? Coba dibaca dengan suara dan intonasi ala Alfred Pennyworth, hehehe... Ya, penampilan aktor The Dark Knight Christian Bale kini sulit dikenali. Ketika menghadiri screening film terbarunya, Hostile, di Toronto Film Festival (TIFF) kemarin, dia tampak makin gendut. Wajahnya membulat. Alisnya pun hampir hilang. Rupanya, Bale sedang mempersiap­kan diri untuk film terbarunya yang berjudul Backseat. Dalam film yang disutradar­ai Adam McKay itu, dia memerankan wakil presiden AS pada masa pemerintah­an George W. Bush, Dick Cheney. ’’Well, aku nonton banyak video, banyak membaca, banyak makan. Terutama banyak makan sih,’’ kata Bale dalam sesi wawancara dengan The Hollywood Reporter. Bale mempunyai resep untuk membuat badannya melembung begitu cepat. ’’Banyak makan pai,’’ ucap aktor Terminator Salvation itu, lantas tertawa. Jika dibandingk­an dengan semua aktor kelas A Hollywood, Bale memang dikenal paling demen menaik-turunkan berat badan demi tuntutan akting. Hitungan kilogramny­a pun terbilang ekstrem. Dia pernah menyusutka­n bobot hingga 28 kg untuk membintang­i The Machinist pada 2004. Penurunan itu dia capai secara bertahap dari empat tahun sebelumnya setelah tampil berotot di American Psycho (2000). Setelah menjadi pengidap insomnia kurus kering di The Machinist, dia hanya mempunyai enam bulan untuk menggenjot badan jadi bulky lagi. Tepatnya untuk memerankan Bruce Wayne di Batman Begins (2005). Untuk itu, dia harus menambah bobot hingga 45 kg. Hingga empat tahun berikutnya, film- film Bale cenderung tidak menuntut banyak perubahan bobot. The Prestige (2006), The Dark Knight (2008), Ter

minator Salvation (2009), dan Public Enemy (2009) tidak menuntutny­a untuk kurus atau gendut secara ekstrem lagi. Tantangan baru datang saat harus membintang­i The Fighter (2010). Dia harus kembali menyusutka­n berat badan hingga 20 kg. Kerja keras itu terbayar dengan raihan Oscar sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

Bagi Bale, menurunkan berat badan ternyata lebih mudah daripada menggenjot­nya. Diet ketat plus rajin fitnes dapat memangkas lemak dalam waktu singkat. Namun, menaikkan berat jauh lebih sulit. Dia mengungkap­kannya ketika harus menggendut lagi demi memerankan con-artist lucu di American

Hustle (2013). ’’Benar, aku hanya perlu duduk-duduk saja sambil makan donat, roti, kue, dan semacamnya. Tapi, untuk memulainya sangat tidak mudah,’’ ungkap Bale kepada

People kala itu. ’’Cepat memang, tapi tidak mudah,’’ imbuhnya.

’’Ketika kamu sudah menjalanin­ya, dua bulan kemudian, tubuhmu akan mulai protes. Ia memberonta­k dan bilang, ’Sudah, please!’. Punggung jadi sakit. Badan pegal-pegal. Seluruh upaya itu akan berakhir dengan kamu berusaha menurunkan beratmu lagi,’’ jelas aktor 43 tahun tersebut. ’’Kalau saja bisa sesederhan­a itu,’’ lanjutnya. (c20/na)

 ?? CHRIS DELMAS/ AFP PHOTO ?? LIMA BULAN SILAM: Christian Bale dan istri, Sibi Blazic, menghadiri premiere The Promise pada April lalu. Tampak wajah Bale masih tirus dan ukuran badannya normal.
CHRIS DELMAS/ AFP PHOTO LIMA BULAN SILAM: Christian Bale dan istri, Sibi Blazic, menghadiri premiere The Promise pada April lalu. Tampak wajah Bale masih tirus dan ukuran badannya normal.
 ?? VALERIE MACON/AFP ?? LIMA BULAN KEMUDIAN: Bale sudah menggendut saat difoto di Toronto Film Festival Senin malam lalu (kemarin WIB).
VALERIE MACON/AFP LIMA BULAN KEMUDIAN: Bale sudah menggendut saat difoto di Toronto Film Festival Senin malam lalu (kemarin WIB).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia