Jawa Pos

Indonesia Ingin Jadi Tuan Rumah

-

RENCANA besar sedang dirancang PSSI untuk pencinta sepak bola tanah air. Otoritas tertinggi sepak bola Indonesia tersebut tengah menyusun proposal untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Program besar itu terkuak dalam rapat anggota Executive Committee (Exco) PSSI di Markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Makostrad) di Gambir, Jakarta, kemarin (12/9).

Anggota Exco PSSI Yunus Nusi mengungkap­kan, seluruh anggota exco sudah sepakat dengan ide besar tersebut. Hanya, masih banyak yang harus dilakukan agar proposal yang diajukan kepada FIFA (Federasi Sepak Bola Internasio­nal) bisa menarik dan disetujui.

”Ini ide dan gagasan bagus. Kami dari anggota exco sudah pasti akan mendukung cita-cita besar ini,” kata Yunus. ”Berhasil atau tidaknya bergantung seberapa besar dukungan pemerintah,” sambungnya.

Yunus menyaranka­n agar PSSI sebagai otoritas tertinggi sepak bola tanah air bisa terus bersinergi dengan pemerintah. ”Tidak ada yang tidak mungkin kalau pemerintah juga memberikan dukungan maksimal,” tuturnya.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan, ide tersebut lahir atas keinginan agar Indonesia bersaing di pentas sepak bola dunia bersama negara-negara lainnya. ”Dan, sudah pasti, secara bersamaan kita juga akan berusaha meningkatk­an kualitas sepak bola dalam negeri,” ujarnya.

Agar cita-cita itu bisa benarbenar terwujud, PSSI akan meningkatk­an sinergi dengan pemerintah. Salah satu langkahnya ialah bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk mendiskusi­kan rencana tersebut dalam waktu dekat. Selanjutny­a, isu itu bakal dibawa di rapat council anggota ASEAN Football Federation (AFF) di Bali pada 21–23 September.

Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto menyatakan, pemerintah sangat senang dengan ide besar yang diusung PSSI tersebut. Pemerintah pun sudah bertekad mendukung penuh rencana itu. ”Itu ide bagus dan kami akan mendukung penuh selama itu realistis,” ucap dia. (ben/c9/tom)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia