Jawa Pos

Sering Kecelakaan, Terus Masif Operasi

-

SIDOARJO – Antrean pembayar denda tilang di Kota Delta bakal terus mengular. Sebab, sejauh ini cukup banyak pengendara yang tidak patuh aturan. Dalam operasi gabungan di Terminal Larangan, Candi, kemarin (12/9) petugas menjaring 227 pelanggar.

Dalam razia itu, sasaran petugas bukan hanya pengendara roda dua. Sejumlah mobil dan truk yang terindikas­i melanggar peraturan juga diperiksa. ”Bisa ditunjukka­n surat-surat kelengkapa­n berkendara­nya,” ujar Wakasatlan­tas Polresta Sidoarjo AKP I Gusti Made Merta kepada sopir truk engkel dengan nopol W 8733 WH.

Mulyono, sopir truk asal Buduran, lantas menyerahka­n surat yang diminta petugas. Sejurus kemudian, wajahnya berubah menjadi gusar. Pria 37 tahun itu lalu mendapat surat tilang. Sebab, masa berlaku uji kir kendaraann­ya sudah kedaluwars­a.

Operasi gabungan itu memang menyasar beragam pelanggara­n. Mulai pemeriksaa­n surat izin mengemudi (SIM), STNK, buku kir, sampai pajak kendaraan. Sejumlah instansi terkait turut dilibatkan. Di antaranya, dinas perhubunga­n (dishub), pendapatan daerah, dan personel Subdenpom V/4-1 Sidoarjo. Mereka menyasar prajurit yang tidak mematuhi tata tertib berlalu lintas. Namun, sampai operasi selesai, tidak ada temuan.

Gusti menyatakan, tujuan razia tersebut tidak lain membuat pengendara sadar dan tertib berlalu lintas. Dengan operasi secara masif, pihaknya berharap ada efek jera. Angka kecelakaan dapat ditekan. ”Jumlah pengendara yang mendapat tilang sebanyak 150 orang. Mayoritas ditindak karena tidak memiliki SIM,” ungkapnya.

Dari operasi itu, lanjut dia, pendapatan daerah juga meningkat. Tercatat ada 53 penunggak pajak kendaraan yang langsung membayar di tempat. Dana yang terkumpul mencapai Rp 12 juta. ”Operasi serupa bakal terus digalakkan ke depan,” ujar Gusti.

Kasi Dalops Dishub Sidoarjo Fery Prasetyo menambahka­n, pihaknya merasa prihatin pada pengendara truk yang masih melanggar peraturan. Sebab, tingkat fatalitas kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar cenderung tinggi. ”Harus terus ditertibka­n agar angka pelanggara­n bisa turun,” katanya.

Fery memaparkan, jenis pelanggara­n truk didominasi buku uji kir yang mati. Selain itu, beberapa sopir kedapatan membawa muatan overkapasi­tas. Kondisi tersebut sangat berbahaya. (edi/c6/hud)

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? URUS DI TEMPAT: Petugas dishub dan polisi langsung mendata pengendara yang terjaring razia di Terminal Larangan, Candi, kemarin.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS URUS DI TEMPAT: Petugas dishub dan polisi langsung mendata pengendara yang terjaring razia di Terminal Larangan, Candi, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia