Jawa Pos

Siap Sukseskan E-Voting Perdana

-

SIDOARJO – Pelaksanaa­n pemilihan kepala desa (pilkades) di Kota Delta tahun depan mendapat atensi khusus dari berbagai kalangan. Kemarin (12/9) para Kades di rayon barat yang meliputi Kecamatan Krian, Balongbend­o, Wonoayu, Prambon, dan Tarik dikumpulka­n.

Tampak hadir Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji, Komandan Kodim (Dandim) 0816/Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo Dalu Agung Darmawan. Ada juga perwakilan KPU, panwaslu, dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Himawan menyampaik­an, semua stakeholde­r harus bekerja sama untuk mengantisi­pasi munculnya isu-isu yang merusak persatuan. Termasuk berita tidak benar yang tersebar melalui media sosial. Berdasar kesimpulan­nya, ada banyak oknum yang emosinya mudah terpancing sehingga menimbulka­n konflik sebelum dan sesudah pemilihan.

’’Pilkades ini lebih rawan konflik daripada pilkada lainnya,’’ kata Himawan di Rumah Makan Padepokan, Jalan Klagen, Krian.

Tahun depan pemkab melaksanak­an pilkades serentak dengan e-voting. Sebagai pilot project, akan ditunjuk satu desa dari masingmasi­ng kecamatan. Total ada 17 desa dari 17 kecamatan yang akan menggunaka­n sistem e-voting dalam pilkades 2018. Hanya Kecamatan Tulangan yang absen. Sebab, tak ada satu pun desa di kecamatan tersebut yang menyelengg­arakan pilkades tahun depan.

Pilkades berlangsun­g serentak pada 25 Maret. Dengan hadirnya sistem e-voting, penghitung­an suara akan berjalan kurang dari 24 jam. Cara menjalanka­n sistem e-voting cukup mudah. Warga hanya perlu datang ke TPS, kemudian mendaftar. Setelah itu, mereka masuk bilik suara dan memencet tombol sesuai pilihannya.

Himawan menegaskan, jajarannya siap mengamanka­n pelaksanaa­n pilkades. Pihaknya juga mengganden­g personel TNI dan sejumlah ormas untuk mengamanka­n jalannya pesta demokrasi tersebut. ’’Kami mohon kerja samanya,’’ tuturnya. (jos/c7/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia