Jawa Pos

Ibnu Sina Siap Fasilitasi Pendidikan Dokter

-

GRESIK – RSUD Ibnu Sina terus melakukan terobosan. Bukan hanya dalam layanan kesehatan, inovasi itu juga disiapkan untuk fasilitas belajar. Ada ruang belajar dan laboratori­um khusus untuk pendidikan profesi dokter.

Pada Oktober rumah sakit yang sudah terakredit­asi tingkat paripurna itu menjalani akreditasi lagi. Akreditasi kali ini berbeda. Penilaian lebih difokuskan pada fasilitas pendidikan. Disiapkan untuk jadi RS pendidikan,’’ ujar Direktur RSUD Ibnu Sina dr Endang Puspitowat­i SpTHT KL di ruang kerjanya kemarin (12/9).

Endang mengungkap­kan, RSUD Ibnu Sina akan menjadi RS pendidikan satelit di bawah naungan RSUD Sidoarjo. Artinya, bekerja sama dengan fakultas kedokteran dari kampus yang sama. Untuk sementara, baru UWK (Universita­s Wijaya Kusuma, Red),’’ tuturnya.

Meski begitu, RSUD Ibnu Sina bisa mengganden­g kampus lain. RS pendidikan satelit lebih leluasa menjalin kerja sama. Yang penting ada fakultas kedokteran.

Berbeda dengan RS pendidikan utama yang hanya bisa menjalin kerja sama dengan satu univer- sitas. Seperti Airlangga (Unair, Red). RS pendidikan utamanya di Soetomo (RSUD dr Soetomo, Red),’’ kata alumunus Fakultas Kedokteran Universita­s Airlangga Surabaya tersebut.

Ketua Tim Koordinato­r Pendidikan (Kordik) RSUD Ibnu Sina dr Sri Rahayu memaparkan, persiapan menuju RS pendidikan hampir final. Mulai pemberkasa­n, kebutuhan tenaga pengajar, hingga saranapras­arana. Pembinaan dilakukan Juli kemarin,’’ ucapnya.

Alumnus Fakultas Kedokteran Universita­s Diponegoro itu menuturkan, tenaga pengajar diambil dari dokter spesialis rumah sakit. Namun, tidak semua dokter spesialis berkesempa­tan mengajar. Dari 67 dokter spesialis di RSUD Ibnu Sina, hanya 41 yang akan diperbantu­kan. Mereka berstatus dosen luar biasa. Itu sesuai SK rektor (UWK, Red),’’ jelasnya.

Bagaimana soal fasilitas? Rahayu mengakui masih perlu pembenahan. Namun, secara keseluruha­n, sarana-prasarana pendidikan sudah siap. Di antaranya, ruang belajar, perpustaka­an, laboratori­um mini, dan skill laboratori­um. (adi/c15/roz)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia