Jawa Pos

Bereksperi­men Warna dan Bersosiali­sasi

-

GRESIK – Memancing rasa ingin tahu anak bisa dilakukan dengan cara yang menyenangk­an. Salah satunya, mengajak anak bereksperi­men. Hal itu bisa dilakukan melalui permainan mencampur warna.

Empat anak terlihat asyik bermain air berwarna-warni. Ada kuning, merah, hijau, dan biru. Tiap-tiap anak memegang gelas dan sendok plastik. Satu warna dicampur dengan warna lain.

Salah satu anak yang ikut kegiatan itu adalah Dante. Murid TK Persatuan Istri Karyawan Petrokimia Gresik (PIK PG) Pongangan Indah tersebut asyik mencampur warna kuning dan merah. ” Lho, jadi oranye,” ucapnya, gembira.

Mengapa harus berempat? Guru sentra sains Dewi Rohima mengatakan sengaja melibatkan banyak anak dalam permainan tersebut. Tujuannya, terjalin komunikasi dan interaksi antaranak. Jadi, sisi sosial juga diasah.

Guru yang biasa disapa Ima itu menjelaska­n, permainan mencampur warna menjadi bagian dari sentra sains. Anak-anak diajak bereksperi­men. ”Sambil bermain, para murid diajak bereksplor­asi,” terangnya.

Menurut dia, pencampura­n warna dengan menggunaka­n media air lebih menyenangk­an. Selain itu, hasil pencampura­n bisa langsung terlihat. Dua warna yang berbeda bisa langsung tercampur. ”Kalau pakai krayon, hasilnya kurang maksimal,” katanya.

Kepala TK PIK PG Makrifa menambahka­n, permainan tersebut bisa mengasah kognitif. Terutama memancing rasa ingin tahu. Semakin banyak warna yang digunakan, eksperimen yang dilakukan semakin beragam. ”Lebih menyenangk­an sekaligus bisa mengembang­kan kreativita­s anak,” ucapnya. ( adi/c7/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia