Jawa Pos

Bereksperi­men dengan Dessert

-

SURABAYA – Tidak hanya dituntut memiliki cita rasa yang menggoyang lidah, penampilan dessert juga penting untuk mengundang selera. Baik itu dessert ala kampung maupun western. Namun, bagaimana jika keduanya disatukan? Hasilnya makanan penutup rasa tradisiona­l berwajah modern yang dibuat oleh pastry chef Sheraton Surabaya Hotel & Towers Herfferli Vebriano.

Chef Ferli, sapaan Herfferli Vebriano, berkreasi dengan makanan yang digemari lidah orang Indonesia, tempura. Mengambil karakter tempura yang renyah, Ferli bereksperi­men dengan tempura isi cokelat.

Tempura cokelat dibuat dengan menggunaka­n gula pasir, telur, butter, tepung terigu, dan tentunya dark chocolate dengan kadar 70 persen cocoa. Untuk membuatnya, Ferli mengocok telur dan gula sampai setengah mengembang dengan mikser. Butter dan dark chocolate dilelehkan ke dalam adonan hingga menyatu. Setelah mengembang, adonan diaduk dengan sendok karet secara perlahan. Lalu, dia memasukkan tepung terigu ke dalam wadah dan menyimpann­ya dalam lemari es selama satu malam.

Esoknya, adonan yang sudah bertekstur setengah padat dicetak menggunaka­n ice cream scoop. Tahap selanjutny­a, adonan digoreng. Dengan suhu yang tidak terlalu panas, adonan cokelat akan menyisakan tekstur yang lembut di bagian dalamnya. Sementara itu, bagian luar akan tampak berwarna kecokelata­n. Cokelat cair di dalamnya akan lumer saat tempura digigit atau dipotong.

Selain tempura, Ferli berkreasi dengan spring roll campur gula Jawa. Dessert itu memiliki penampilan mirip lumpia. Bedanya, kulit spring roll diisi dengan berbagai macam komponen es campur. Misalnya, cendol, kolang-kaling, rumput laut, dan cincau. Setelah diisi, spring roll digoreng dan dinikmati dengan saus gula jawa. (esa/c6/jan)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? VOILA: Chef Herfferli Vebriano membuat fusion makanan penutup dengan menggunaka­n bahan cokelat dan cendol. Hasilnya makanan penutup rasa tradisiona­l berwajah modern.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS VOILA: Chef Herfferli Vebriano membuat fusion makanan penutup dengan menggunaka­n bahan cokelat dan cendol. Hasilnya makanan penutup rasa tradisiona­l berwajah modern.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia