Jawa Pos

Setelah Foto, Kini Video Palsu

-

SEBUAH video keributan yang melibatkan seorang pria berpakaian biksu belakangan ramai tersebar. Video itu makin menarik perhatian karena dikaitkan dengan tragedi kemanusiaa­n di Rohingya. Padahal, keributan tersebut tidak terjadi di Myanmar, tapi di Thailand.

”Kebrutalan biksu Myanmar berani memukul wanita dibalas bogem mentah,” begitu kicau akun Twitter KamiMenyak­sikan

(@bukan_pemimpin9). Video itu di- posting pada 11 September 2017. Hingga kemarin (13/9), tweet itu sudah dibagikan ulang ( retweet) hingga 215 kali.

Ternyata, video yang sama juga banyak tersebar di YouTube. Lalu, dibagikan ulang oleh akunakun Facebook dan sudah ditonton ribuan netizen. Padahal, deskripsi video itu keliru. Kejadianny­a memang ada, tapi di Thailand. Kejadian tersebut pernah diangkat oleh portal berita Dailymail dan Mirror.

Menurut berita Dailymail dan Mirror, kejadian tersebut bermula dari cekcok antara seorang perempuan dan biksu. Si perempuan menuduh biksu meludah di dalam sebuah van yang membawa mereka ke Provinsi Roi Et di Thailand.

Si biksu merasa tidak meludah hingga akhirnya cekcok. Dalam video tersebut, memang terlihat biksu terlebih dulu menyerang secara fisik seorang perempuan. Lalu, seorang laki-laki yang disebut sopir van sekaligus suami si perempuan membalas dengan memukuli si biksu. Menurut laporan yang didapat Dailymail dan Mirror, perusahaan van akhirnya memberikan sanksi kepada si driver laki-laki. Dari pencarian lewat search engine, tidak ada portal berita mainstream yang menyebutka­n bahwa kejadian itu berlokasi di Myanmar.

Hoax soal Rohingya yang tersebar di media sosial memang tidak hanya berupa fotofoto palsu. Tetapi, kini juga mulai banyak yang berbentuk video. Sama seperti hoax berupa foto, hoax video juga kebanyakan memanfaatk­an kejadian di luar Myanmar, lalu dikaitkan dengan Rohingya.

Selain biksu yang terlibat keributan, ada video yang meng- gambarkan badai di sebuah pantai. Video tersebut disebarkan sebagai kejadian di Myanmar, dilengkapi narasi bahwa Myanmar menjadi kota terkutuk karena perbuatann­ya.

Namun, lokasi kejadian dalam video yang disebarkan itu bukan di Myanmar. Kejadian tersebut merupakan badai di Rusia. Anda bisa membuktika­n dengan menelusuri­nya di YouTube. Coba ketik hurricane Russia. Pasti Anda menemukan video yang sama. Lengkap dengan narasi berbahasa Rusia. Kejadian itu berlangsun­g pada 12 Juli 2014.

Di Facebook, salah satu pe- nyebar video palsu tentang badai di Myanmar itu adalah fanspage abal-abal yang menga tasnamakan Ustad Arifin Ilham. Celakanya, Arifin Ilham palsu itu sudah lebih dahulu memakai username yang terdapat kata official (@ ust. arifinilha­m.official). Jadi, orang yang tidak paham akun tersebut akan mengira asli.

Beruntung, fanspage Arifin Ilham yang asli sudah berhasil mendapatka­n verifikasi dari Facebook. Itu ditandai dengan adanya tanda centang biru. Akun asli Arifin Ilham adalah KH Muhammad Arifin Ilham.

Username- nya @kh.muhammad.arifin.ilham.

Wartawan Jawa Pos yang saat ini berada di Sittwe (ibu kota negara bagian Rakhine), Myanmar, Dhimas Ginanjar melaporkan, hoax-hoax soal Rohingya sangat mengganggu masyarakat setempat. ”Ada beberapa media yang liputannya tendensius. Memojokkan kami,” terang Myo Thant Tunt, penerjemah yang bersama Jawa Pos ke Sittwe. Padahal, media-media itu tidak melakukan liputan langsung sebagaiman­a yang dilaksanak­an Jawa Pos. (gun/dim/c6/fat)

QUALITY time bersama keluarga bakal makin seru dengan program Surprise Sundays dari PT Intiland Grande. Setiap Minggu mulai 17 September hingga 22 Oktober, Intiland menghadirk­an family event yang menggabung­kan

games dan edukasi bagi si kecil. Surprise Sundays terbuka bagi seluruh masyarakat Kota Surabaya. Cukup dengan registrasi sebelum acara berlangsun­g.

Little Superstar merupakan konsep pertama Surprise Sundays yang akan berlangsun­g pada Minggu (17/9) pukul 10.00–16.00 di Show Unit Graha Golf, Jl Raya Golf Graha Famili. Melalui event tersebut Intiland memberi ruang bagi anak usia 2–12 tahun untuk mengekspre­sikan bakatnya, seperti bernyanyi, bermain musik, menari, sulap, dan lainnya.

Surprise Sundays akan terus dilanjutka­n ke lima lokasi berbeda. Yakni, Apartemen Sumatra36, Praxis, The Rosebay, Graha Natura, dan puncak acara yang akan berlangsun­g di Spazio Tower. Program Referral Buyer Berhadiah Honda Jazz Si kecil senang, orang tua juga bisa refreshing dengan mengikuti beragam game dalam Surprise Sundays. Yang istimewa adalah program referral buyer dan referral programme yang berhadiah istimewa.

”Program referral buyer berhadiah emas hingga 120 gram, Toyota Agya, atau Honda Jazz, sedangkan untuk referral programme ada hadiah

voucher elektronik senilai Rp 5 juta,” jelas Marketing Director Intiland Harto Laksono.

Caranya mudah. Dalam referral programme, Anda cukup mengajak keluarga atau teman untuk mengikuti event Surprise Sundays berikutnya dan mendaftark­an diri dengan datang langsung ke lokasi acara. Anda akan diganjar 100 poin untuk setiap orang baru yang datang. Poin terbanyak akan diakumulas­ikan dan dikompetis­ikan di akhir acara. Peserta dengan poin terbanyak mendapatka­n voucher belanja hingga Rp 2,5 juta dan

voucher elektronik Rp 5 juta. Dalam program referral buyer, Anda berhak menikmati hadiah spesial jika orang yang Anda

ajak bergabung dalam Surprise Sundays melakukan transaksi produk Intiland. Nominal pembelian akan diakumulas­ikan di akhir acara. Beragam hadiah, mulai emas 20 gram hingga Honda Jazz siap dibawa pulang. Maksimalka­n Sirkulasi Udara, Cahaya, dan View Hunian

Pemilihan ruang tinggal di hunian vertikal kini jadi tren masyarakat urban. Untuk itu, Intiland bekerja sama dengan PT Jagat Konstruksi Abdipersad­a dan arsitek Chan Sau Yan Associates membangun apartemen prestisius di kawasan premium Graha Famili. Kini Intiland menawarkan tower kedua dengan pilihan unit 4 + 1 bedroom (158 m2) dan 3 + 1 bedroom (139 m2).

Bentuk fasad yang menyerupai kupukupu memberi benefit lebih pada penghuni karena dilengkapi tiga sisi jendela dalam satu unit. Dengan demikian, sirkulasi udara dan pencahayaa­n ruang menjadi maksimal. View yang ditawarkan yakni lapangan golf seluas 270 derajat, danau serta city view. Paduan sempurna sebuah pemandanga­n di hunian yang bisa Anda nikmati setiap hari.

Penghuni dapat merasakan kesan eksklusif karena tower yang dibangun setinggi 23 lantai tersebut hanya memiliki empat unit di tiap lantai. Apartemen Graha Golf menyediaka­n fasilitas untuk memenuhi kebutuhan penghuni, seperti swimming pool, gymnasium, children playground, BBQ pit, layanan concierge 24 jam, lobi mewah serta area parkir khusus.

’’Progres saat ini sudah sampai pembanguna­n basement dua lantai. Kapasitasn­ya sangat mencukupi dengan jumlah unit yang dibangun. Apartemen Graha Golf ini juga banyak diminati kaum ekspatriat,” ungkap General Manager Marketing Intiland Edison Tan. DP 20 Persen Diangsur 24 Kali

Selama periode program Surprise Sundays, Intiland memberikan penawaran harga khusus. Anda juga bisa memanfaatk­an dowm payment 20 persen diangsur 24 bulan dan KPA pada bulan ke 25. Sedangkan sistem in-house dilonggark­an dengan angsuran 36 kali plus enam kali. Bagi Anda yang memilih transaksi cash ada diskon 15 persen ditambah 5 persen.

’’Penawaran berlaku untuk transaksi semua unit Graha Golf. Customer masih dimanjakan dengan free emas seberat 50 gram,” papar Edison. (nad/xav)

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKANG/JAWA POSS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKANG/JAWA POSS
 ??  ??
 ??  ?? DIMINATI EKSPATRIAT: Apartemen Graha Golf menyediaka­n fasilitas untuk memenuhi kebutuhan penghuni, seperti swimming pool, gymnasium, children playground, BBQ pit, layanan concierge 24 jam, lobi mewah, serta area parkir khusus.
DIMINATI EKSPATRIAT: Apartemen Graha Golf menyediaka­n fasilitas untuk memenuhi kebutuhan penghuni, seperti swimming pool, gymnasium, children playground, BBQ pit, layanan concierge 24 jam, lobi mewah, serta area parkir khusus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia