Jawa Pos

Kemenag-KBIH Sepakat Tidak Jemput ke Sukolilo

-

SIDOARJO – Jamaah haji asal Sidoarjo segera tiba kembali ke tanah air. Kantor Kementeria­n Agama (Kemenag) Sidoarjo telah membuat kesepakata­n dengan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH). Dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya, disepakati bahwa para jamaah diangkut dengan bus KBIH. Nah, para keluarga tinggal menjemput jamaah haji di kantor KBIH bersangkut­an. Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasrudin menyatakan, kemarin (13/9) pihaknya telah mengundang perwakilan dari 19 KBIH. Tujuannya, mencari mekanisme terbaik penjemputa­n jamaah haji dari Asrama Haji Sukolilo. Dia menuturkan, dalam beberapa tahun sebelumnya, Kemenag tidak pernah mengatur pemulangan. Sebab, Sidoarjo dekat dari Surabaya.

’’Berbeda lagi kalau dari Tuban dan daerah yang jauh dari Surabaya. Ada kemungkina­n keluarga jamaah bingung harus mencari lokasi Asrama Haji. Tapi, kalau keluarga jamaah Sidoarjo kan sudah pasti tahu lokasi Asrama Haji,’’ ungkapnya.

Namun, dalam perkembang­annya, ada yang menjadi satu kendala. Yakni, fasilitas di Asrama Haji Sukolilo. Saat ini lahan yang biasa digunakan sebagai tempat parkir untuk penjemputa­n sedang direnovasi. Dengan demikian, lahan parkir kendaraan menjadi sangat terbatas. Karena itu, dibutuhkan solusi. Setelah dibicaraka­n, solusi terbaik adalah menjemput jamaah dengan bus dari KBIH. Selanjutny­a, jamaah diantarkan sampai lokasi yang sudah ditentukan di Sidoarjo.

’’Sebagian besar KBIH sudah setuju. Bahkan, ada yang turut menyewa truk. Khusus mengangkut barang-barang haji yang pasti bertambah,’’ ucapnya.

Semoga jamaah haji asal Kota Delta pulang dalam keadaan sehat walafiat dan menjadi haji mabrur. (bil/c20/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia