Jawa Pos

Sopir Hilang Kendali, Truk Terguling

-

– Perjalanan Eko Wahyudi mengirim muatan kayu terganggu. Truk yang dikemudika­nnya terguling ketika mendekati tempat bongkar muatan. Lelaki 38 tahun itu tidak menyadari perbedaan ketinggian aspal dengan bahu jalan.

Menurut informasi, kecelakaan tunggal tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 kemarin (13/9). Eko berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Dia membawa muatan kayu dengan sarana truk kontainer bernopol AB 9000 GN. Berdasar rencana, kayu itu dikirim ke sebuah perusahaan palet di sekitar jembatan layang Trosobo, Taman.

Mulanya tidak ada kendala yang dialami. Eko memacu kendaraan seperti biasa. Setelah melaju dari timur (Surabaya), truk putar balik di depan Perumahan Citra Harmoni. Truk tersebut lantas menuju jalan di sisi utara jembatan layang. Nahas, tak lama berselang, sopir kehilangan kendali kendaraan.

Eko melintas di area yang tidak rata karena peninggian aspal jalan. Truk yang semula sempat miring akhirnya terguling. Untung, pengemudin­ya selamat. Dia hanya karena kejadian itu.

Beberapa saat kemudian polisi mendatangi lokasi. Mereka memanggil forklif untuk membantu proses evakuasi. Kejadian tersebut tidak terlalu mengganggu arus lalu lintas karena berada di pinggir jalan. ’’Forklif pinjam ke perusahaan di sekitar lokasi. Badan truk dan kontainer bisa segera diangkat,’’ tutur Kapolsek Taman Kompol Sudjut.

Menurut perwira polisi dengan satu melati di pundak itu, peninggian jalan di area truk terguling sudah berlangsun­g beberapa bulan. Jalan tersebut ditinggika­n agar tidak tergenang air ketika musim hujan. Sudjut mengimbau para pengendara untuk semakin waspada ketika melintasi area itu. ’’Minimal mengurangi kecepatan saat melintas,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia