Jawa Pos

Razia Penunggak Pajak Kendaraan

-

GRESIK – Ratusan pengendara terjaring operasi pengendali­an keselamata­n lalu lintas di Jalan Raya Krikilan, Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, kemarin (13/9). Dalam operasi gabungan yang diprakarsa­i Badan Penda patan Daerah ( Bapenda) Jatim itu, pengendara yang terkena tilang karena pajak atau kelengkapa­n kendaraan tidak lengkap langsung menjalani sidang di tempat.

Razia yang dipimpin Kepala UPT Bapenda Jatim-Gresik Kusyantoni selama dua jam itu dimulai pukul 09.30. Puluhan petugas terlibat dalam operasi tersebut. Antara lain, Bapenda Jatim, Dishub Jatim dan Gresik, Satlantas Polres Gresik, serta Polisi Militer (PM) Gresik. Adapun Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik dan Pengadilan Negeri (PN) Gresik bertugas memutuskan denda perkara terhadap pelanggar kelengkapa­n kendaraan. Sidang di tempat dilangsung­kan dengan hakim tunggal Putu Mahendra dan jaksa Budi Prakoso.

Menurut Kusyantoni, razia dengan sidang di tempat itu ber tujuan mendorong para pengendara agar membayar pajak tahunan kepada negara. ’’Sebab, masih banyak pemilik kendaraan yang belum membayar pajak,’’ katanya.

Dia menambahka­n, ada bebe- rapa alasan pemilik kendaraan terlambat membayar pajak. Di antaranya, lupa serta kendaraan sudah berpindah tangan. Karena itu, surat pemberitah­uan

agar pemilik kendaraan segera melunasi pajak kendaraan telah dilayangka­n. Namun, banyak pemilik kendaraan yang belum melakukan pelunasan. ’’Kebanyakan (kendaraan) pindah tangan. Sehingga alamatnya tidak diketahui,’’ tuturnya.

Toni –sapaan Kusyantoni– menyaranka­n pemilik kendaraan yang berpindah tangan untuk melapor ke Bapenda Jatim-Gresik. Dengan begitu, bapenda bisa melakukan pemblokira­n. ’’Bukan hanya kendaraan R-4. Pemilik R-2 juga harus lapor jual,’’ jelasnya.

Dahnil, salah seorang pengendara motor, terjaring razia karena tidak membawa SIM. Dia tidak menyangka ada razia gabungan di Jalan Raya Krikilan, Driyorejo. ’’ Tadi saya terkena denda Rp 85 ribu,’’ katanya, lantas mesem. Dia mengaku kerap mengabaika­n kelengkapa­n kendaraan ketika keluar rumah. (yad/c15/dio)

 ??  ?? door-
door-
 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? to-door
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS to-door

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia