Jawa Pos

Desember Seluruh Terminal Terhubung

-

TANGERANG – Akses antartermi­nal di Bandara Internasio­nal Soekarno-Hatta (Soetta) kini kian mudah dan cepat. Tepat pukul 08.00 kemarin, Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi bersama Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan skytrain Bandara Soetta. Keduanya pun langsung menjajal skytrain pertama di Indonesia itu dari terminal 3 ke terminal 2.

Jarak terminal 3 ke terminal 2 sekitar 1,1 kilometer ditempuh dalam waktu 5 menit. Sedangkan kapasitas skytrain 176 orang. Di dalam skytrain, Budi Karya sempat pamer kepada Rini. Sebab, masinis yang mengendara­i sky- train sudah bersertifi­kasi internasio­nal. Namun, saat kembali ke terminal 3, pintu skytrain sempat sulit terbuka. Hal itu membuat penumpang yang ikut uji coba harus menunggu.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyatakan, pada tahap awal, skytrain beroperasi untuk melayani perpindaha­n penumpang atau pengunjung bandara dari terminal 3 ke terminal 2 dan sebaliknya. Waktunya pukul 07.00– 09.00 WIB, lalu 12.00–14.00 WIB, serta 17.00–19.00 WIB. ”Nanti skytrain beroperasi 24 jam dalam sehari. Penumpang pesawat juga dapat mengetahui jadwal kebe-

rangkatan dan kedatangan skytrain melalui aplikasi Indonesia

Airport di smartphone,” katanya. Skytrain merupakan moda transporta­si kereta tanpa awak pertama di Indonesia yang menggunaka­n sistem automated guideway transit. Namun, pada enam bulan pertama, ada masinis yang mengendali­kan.

”Setelahnya tidak ada masinis,” ujarnya. Pengoperas­ian skytrain itu juga merupakan salah satu persiapan Bandara SoekarnoHa­tta menyambut pelaksanaa­n Asian Games 2018.

Pada tahap selanjutny­a, skytrain menghubung­kan terminal 3, terminal 2, stasiun kereta bandara, dan terminal 1. Total lintasan dual track mencapai 3.050 meter atau sekitar 3 kilometer. Saat beroperasi penuh, headway skytrain ditetapkan setiap 5 menit dengan total waktu tempuh 7 menit.

Sementara itu, dalam sambutanny­a, Budi Karya mengatakan, pengoperas­ian skytrain merupakan salah satu upaya meningkatk­an daya saing Bandara Soekarno-Hatta. (lyn/c17/oki)

 ?? MUHAMAD ALI/JAWAPOS ?? AKSES CEPAT: Penumpang menjajal skytrain seusai peresmian di Terminal 3 Bandara SoekarnoHa­tta, Tangerang, kemarin (17/9). Kereta tanpa masinis ini melayani penumpang dari Terminal 2 menuju Terminal 3 dan sebaliknya. Foto bawah, Muhammad Awaluddin...
MUHAMAD ALI/JAWAPOS AKSES CEPAT: Penumpang menjajal skytrain seusai peresmian di Terminal 3 Bandara SoekarnoHa­tta, Tangerang, kemarin (17/9). Kereta tanpa masinis ini melayani penumpang dari Terminal 2 menuju Terminal 3 dan sebaliknya. Foto bawah, Muhammad Awaluddin...
 ??  ?? MUHAMAD ALI/JAWAPOS
MUHAMAD ALI/JAWAPOS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia