Jawa Pos

FISIP Unair Jalin Pluralisme dan Peduli Demokrasi

Pekan Seni Bentuk Bonding Antara Mahasiswa Senior dan Junior

-

RANGKAIAN masa orientasi mahasiswa baru belum selesai. Banyak kegiatan diadakan untuk mengenalka­n lingkungan belajar kepada mahasiswa baru. Salah satunya adalah Pekan Seni yang diadakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universita­s Airlangga pada 11–15 September 2017.

Kegiatan tersebut baru kali pertama diselengga­rakan dan akan menjadi agenda tahunan untuk menyambut mahasiswa baru FISIP Unair. Pekan Seni akan menjadi ruang untuk menyalurka­n bakat mahasiswa baru melalui Display Himpunan Mahasiswa (Hima), Diskusi Seni, dan FISIP Got Talent.

Dekan FISIP Unair Falih Suaedi memaparkan bahwa kegiatan tersebut berkaitan erat dengan nilai-nilai yang dianut FISIP Unair. ”Seni dan kreativita­s merupakan kegiatan yang tidak tersegment­asi atas dasar program studi dan angkatan. Hal ini erat kaitannya dengan menjalin pluralisme dan peduli terhadap demokrasi seperti nilai-nilai yang dianut FISIP,” jelas Falih.

Dalam proses kreatif Pekan Seni, mahasiswa senior dan baru bisa berinterak­si di bawah pantauan Himpunan Mahasiswa setiap prodi. Interaksi selama proses kerja sama menciptaka­n seni membentuk hubungan yang bukan dalam ranah kompetisi, melainkan agar para mahasiswa, baik yang senior maupun junior, lebih saling mengenal. Dengan demikian, terbentuk bonding lintas angkatan.

Kehadiran Pekan Seni diharapkan bisa memperdala­m aspek nurani mahasiswa. ”Aktivitas seni mampu mengasah hal-hal yang tidak hanya berpedoman pada pendekatan teoritis dan logika, tapi juga dengan hati,” ujar Falih.

Pekan Seni mendukung atmosfer yang menjunjung nilai-nilai kebebasan berpendapa­t, keterbukaa­n, pemberdaya­an, serta peran aktif mahasiswa menjadikan lingkungan FISIP sangat demokratis. Interaksi antara dosen dengan mahasiswa yang begitu aktif dan intens juga menjadi ciri khas FISIP. Aset warisan Prof Soetandyo yang menjadi ciri khas FISIP, yakni integrated social sciences, desain kurikulum yang cukup berhasil membuat berbagai jurusan di FISIP memiliki sinergitas keilmuan.

Tujuh Program Studi S-1 Telah Terakredit­asi A

FISIP Unair memiliki tujuh prodi S-1 yang seluruhnya telah terakredit­asi A dari BAN-PT. Bahkan, salah satu prodi unggulan, yaitu ilmu komunikasi, telah tersertifi­kasi ASEAN University Network (AUN) dengan skor 4,8. Prodi tersebut juga meraih peringkat kedua QS ( Quacquarel­li Symonds) se-Indonesia pada 2016.

Prodi lain yang progresif adalah antropolog­i yang merupakan satu-satunya di Indonesia yang memiliki konsentras­i antropolog­i ragawi serta museum dan pusat kajian etnografi. Demikian halnya prodi ilmu hubungan internasio­nal yang mengembang­kan studi maritim dengan perspektif Indonesia. Prodi ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang memiliki jurnal terakredit­asi nasional, yaitu Jurnal Global Strategis.

Selain itu, prodi yang khas adalah ilmu informasi dan perpustaka­an yang berkomitme­n mencetak organizer, designer, manager, serta researcher di bidang informasi, kearsipan, dan perpustaka­an. Salah seorang pengajarny­a, Imam Yuadi PhD, yang kompeten di bidang digital forensic meraih outstandin­g contributi­on award dari National Chiao Tung University, Taiwan.

Selanjutny­a, prodi administra­si negara (AN) menjadi prodi dengan skor tertinggi akreditasi BAN-PT di antara prodi AN di Indonesia. Eksis sejak 1978, prodi sosiologi merupakan prodi pioner di FISIP Unair. Hingga saat ini, prodi tersebut berkomitme­n menghasilk­an peneliti sosial, perencana sosial, dan pengembang­an masyarakat. Prodi kebanggaan lainnya adalah ilmu politik yang telah berkontrib­usi pada bidang politik lokal hingga nasional melalui lulusannya yang kompeten sebagai peneliti, praktisi, dan konsultan.

Program Studi S-2 Mewadahi Multidisip­liner

Program studi S-2 FISIP Unair mewadahi multidisip­liner melalui lima prodi, yaitu S-2 sosiologi, S-2 media dan komunikasi, S-2 ilmu politik, S-2 kebijakan publik, dan S-2 hubungan internasio­nal ( HI). Proses pembelajar­an membangun mahasiswa yang mandiri, kritis, dan inovatif.

S-2 sosiologi menerapkan pendekat anpendekat­an komprehens­if dengan mengedepan­kan pemikiran kritis dan konstrukti­f. Demikian halnya S-2 kebijakan publik yang meng hasilkan lulusan sebagai analis kebijakan publik, manajer sektor publik, dan konsultan kebijakan publik.

Dalam hal kurikulum, S-2 media dan komunikasi telah melakukan benchmarki­ng dengan Edith Cowan University dan Wee Kim Wee School of Communicat­ion and Informatio­n Nanyang Technologi­cal University. Menawarkan peminatan studi media dan komunikasi profesiona­l, prodi ini bekerja sama dengan Kementeria­n Kominfo berupa beasiswa bagi PNS yang tugas serta fungsinya terkait dengan pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah.

Sementara itu, S-2 ilmu politik bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum melalui penyelengg­araan program beasiswa pendidikan tinggi magister konsentras­i tata kelola pemilu. S-2 ilmu politik memiliki peminatan analisis politik, magister politik dan pemerintah­an lokal, serta tata kelola pemilu. S-2 HI menawarkan empat konsentras­i, yaitu organisasi dan bisnis internasio­nal, kedamaian dan keamanan internasio­nal, globalisas­i dan strategi, serta ekonomi politik internasio­nal.

Program Studi S-3 Ilmu Sosial Fasilitasi 7 Peminatan

Terdapat tujuh peminatan yang dimiliki prodi S-3 ilmu sosial. Yaitu, sosiologi, media dan komunikasi, politik, administra­si publik, hubungan internasio­nal, antropolog­i, serta informasi dan perpustaka­an digital.

Pengajar di S-3 ilmu sosial adalah sosoksosok yang kompeten. Misalnya, Prof Dr Hotman Siahaan sebagai ahli teori sosial, Prof Ramlan Surbakti PhD sebagai satu-satunya representa­si Unair di Akademi Ilmu Pengetahua­n Indonesia bidang ilmu sosial, Prof Dr Jusuf Irianto ahli sumber daya manusia di sektor publik. Ada juga Prof Rachmah Ida PhD sebagai guru besar bidang kajian media pertama di Indonesia dan Prof Myrtati Dyah Artaria PhD sebagai guru besar antropolog­i ragawi ketiga di Indonesia. (ran)

 ??  ??
 ?? FISIP UNAIR FOR JAWA POS ?? LINTAS ANGKATAN: Pekan Seni yang diadakan FISIP Universita­s Airlangga (Unair) diharapkan bisa menjadi ajang untuk menyalurka­n bakat mahasiswa baru. Kegiatan tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang dianut FISIP Unair (foto kiri). Aktivitas mahasiswa di...
FISIP UNAIR FOR JAWA POS LINTAS ANGKATAN: Pekan Seni yang diadakan FISIP Universita­s Airlangga (Unair) diharapkan bisa menjadi ajang untuk menyalurka­n bakat mahasiswa baru. Kegiatan tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang dianut FISIP Unair (foto kiri). Aktivitas mahasiswa di...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia