Jawa Pos

Didenda karena Sepi Penonton

-

CELTA Vigo bak sudah jatuh tertimpa tangga. Ya, sudah pemasukan dari penonton merosot, eh mereka malah kena denda dari regulator kompetisi La Liga. Itu disebabkan dalam musim terakhir, jumlah penonton laga home Celta tak sampai 70 persen dari kapasitas stadion.

Markas Celta, Stadion Balaidos, memiliki kapasitas 29 ribu penonton. Kalau dilihat dari ketentuan La Liga, yakni angka kehadiran minimal 70 persen dari kapasitas stadion per laga, idealnya laga home Celta ditonton 20.300 orang. ”Faktanya, rata-rata laga home Celta tak mencapai angka tersebut,” kata salah seorang ofisial Celta kepada AS.

Musim lalu, jumlah penonton terbanyak di Balaidos adalah saat mereka menghadapi Manchester United pada semifinal Europa League. Jumlah penonton saat itu mencapai 26.202 orang. Musim sebelumnya (2015–2016), rekor tertinggi penonton terjadi ketika Celta menjamu Real Madrid. Yakni, 25.494 penonton. Nah, musim ini, pada dua laga kandang Celta, capaian tertinggi penonton di Balaidos terjadi di jornada ketiga lawan Alaves (10/9). Yakni, 17.384 orang.

Apakah sepinya penonton karena tiket yang mahal? Menurut Marca, hal itu bukan variabel penyebab utama. Tiket menonton di Balaidos relatif murah. Yakni, rata-rata EUR 15 (Rp 238 ribu) hingga EUR 40 (Rp 636 ribu). Sepinya penonton itu membuat Presiden Celta Carlos Mourino sempat berpikir untuk bermarkas di stadion lain. Mourino mengeluh karena warga Vigo sudah tak lagi mencintai Celta. (dra/c6/bas)

 ?? MARCA ?? BANYAK YANG KOSONG: Suasana laga home Celta Vigo menjamu Alaves (10/9).
MARCA BANYAK YANG KOSONG: Suasana laga home Celta Vigo menjamu Alaves (10/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia