Jawa Pos

Duel Seru Dua Juara Grand Tour

-

BERGEN – UCI Road World Championsh­ips 2017 di Bergen, Nowegia, akan menyajikan menu yang sangat seru malam ini WIB. Tepatnya ketika

(ITT)memperlomb­akan kelas men elite. Melewati rute ”tak biasa”, dua juara Grand Tour 2017, Chris Froome dan Tom Dumoulin, akan bertarung melawan waktu untuk menjadi yang terbaik.

ITT hari ini digelar di rute sepanjang 31 kilometer. Cukup pendek untuk ukuran kejuaraan dunia. Tapi, meski lebih pendek, tidak berarti rute itu akan dilalui dengan lebih mudah. Sepanjang 3,4 kilometer terakhir merupakan jalur menanjak dengan kemiringan nyaris 10 persen.

Rute itu terdiri atas tiga bagian. Sepanjang 15 kilometer pertama berlokasi di sekitar Bergen. Lap kedua adalah 12,5 kilometer jalur flat dan melingkar. Yang terakhir adalah tanjakan menuju Mount Floyen. Dengan tanjakan yang sangat tajam di akhir lomba, sangat mungkin mayoritas pembalap mengganti sepeda dari TT ke road bike. Kenyataann­ya, memang ada ”zona mengganti sepeda” di kaki tanjakan. Pe nyelenggar­a juga mengizinka­n hal itu.

Pergantian sepeda akan memakan waktu 8–10 detik. Namun, karena sepeda road bike lebih ringan sampai 2 kilogram, pembalap bisa menghemat sampai 20 detik untuk menanjak. Tapi, siasat itu akan sangat bergantung kemampuan tiap pembalap.

Dumoulin, juara Giro d’Italia 2017, sudah memastikan akan mengganti sepeda. ”Tanjakan tersebut sangat berat, tapi tidak seberat yang saya duga. Saya mengerti bahwa rata-rata kemiringan­nya 10 persen, tapi rasanya tidak akan terlalu berat. Sebab, ada juga bagian menurunnya, sedikit,” ucap bintang asal Belanda dari Team Sunweb tersebut. Keputusan untuk mengganti sepeda itu diambil setelah melakukan eksplorasi pada rute tersebut.

Dumoulin sudah terlebih dulu merasakan kesuksesan di Kejuaraan Dunia 2017 setelah Team Sunweb memenangi

(TTT) Minggu lalu. Dia menyatakan bahwa kemenangan tersebut menginspir­asinya untuk bertarung habis-habisan hari ini.

Sedangkan bagi Froome, sang juara Tour de France dan Vuelta a Espana 2017, menggantin­ti sepeda di tengah course rse yang berubah karakterkt­e terte adalah hal yang wajar. Pad Pada ada etape 17 Tour de France ance 2013, bintang asal Inggrisgri­s itu juga mengganti sepeda.da. Dia menjuarai etape terersebut. Saat itu Froome me merengkuh gelar Tour de France-nyance- nya untuk kal kaliali pep perr- tama. Dipredik Diprediksi,iksi si, Dumoulin menjadimen­jaj ja di lawan berat Froo Froomeme di Tour de France 2018. Artinya,Arti nya, duel hari ini adalahada lah preview untuk grand tour paling bergengsi tersebut tahun depan.(depan. (cak/ cak/ c11/nur)c11/ nur)

 ??  ?? time trial trial individual team time
time trial trial individual team time
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia