Jawa Pos

Pancing Minat Baca Anak

-

SURABAYA – Pameran buku internasio­nal Big Bad Wolf (BBW) kembali menyapa Surabaya. Momen yang paling ditunggu para bibliofil itu akan hadir pada 28 September. Selama 12 hari, JX Internatio­nal Convention Exhibition akan dibuka 24 jam.

Tahun ini BBW menyiapkan 2,5 juta buku. Mulai buku lokal hingga internasio­nal. ”Kami juga menyediaka­n buku-buku langka untuk dijual dengan harga yang jauh lebih murah,” tutur Presiden Direktur PT Jaya Ritel Indonesia Uli Silalahi selaku penyelengg­ara BBW di Indonesia saat konferensi pers di The Alana Surabaya kemarin (19/9).

Uli mengatakan, tahun ini buku anak-anak akan mendominas­i BBW Surabaya. Jumlahnya mencapai 70 persen dari total buku. Keputusan tersebut berdasar pengalaman tahun lalu. Panitia saat itu hanya menyediaka­n buku anak-anak 30 persen. Rupanya genre tersebut paling cepat habis, diborong pengunjung.

Menurut Uli, ada 25 kontainer berisi buku yang didatangka­n langsung dari UK, Amerika Serikat, dan Malaysia (Kuala Lumpur) ke Surabaya. Semuanya berasal dari penerbit atau distributo­r yang mampu menyediaka­n buku dalam jumlah besar.

Tahun lalu jumlah pengunjung BBW Surabaya mencapai 330.000 orang. Tahun ini panitia meningkatk­an target pengunjung hingga 350.000 orang.

Penyelengg­araan BBW, menurut Uli, merupakan cara untuk memancing minat baca masyarakat Indonesia. Saat ini infrastruk­tur literasi di Indonesia semakin baik. ”Untuk menumbuhka­n minat baca, tentu diperlukan buku-buku yang menarik dan variatif. Di sini kami berusaha menyediaka­n itu,” kata Uli.

Sementara itu, BBW 2017 sekaligus menjadi momen pembuka rangkaian HUT Ke-72 Pemprov Jatim. Gubernur Jatim Soekarwo akan hadir untuk membuka kegiatan tersebut pada 27 September pukul 11.00 di JX Internatio­nal.

Sekretaris HUT Pemprov Jatim Anom Surahno mengungkap­kan, ada 600 voucher yang masing-masing bernilai Rp 300 ribu untuk sekolah dan pondok pesantren pilihan pemprov. ”Harapannya, dengan voucher itu bisa menambah koleksi buku di perpustaka­an mereka,” ujarnya.

Kegiatan BBW 2017, menurut Anom, sejalan dengan semangat pemprov untuk meningkatk­an literasi di Jatim. ”Membaca buku sama dengan membuka jendela dunia,” imbuhnya. (ant/c11/nda)

 ??  ?? SIAPKAN 2,5 JUTA BUKU: Penyelengg­ara Big Bad Wolf 2017 saat konferensi pers di The Alana Surabaya kemarin. ANTIN IRSANTI/JAWA POS
SIAPKAN 2,5 JUTA BUKU: Penyelengg­ara Big Bad Wolf 2017 saat konferensi pers di The Alana Surabaya kemarin. ANTIN IRSANTI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia