Jawa Pos

Apartemen Baru Hiasi Wajah Kota

Dua Sudah Dibangun, Tiga Ajukan Site Plan

-

SIDOARJO – Selain perumahan, semakin banyak hunian vertikal yang menghiasi wajah Kota Delta. Berdasar data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo, terdapat dua apartemen yang sudah dibangun.

’’Ada yang berada di lingkungan perumahan Kelurahan Sumput. Satu lagi berlokasi di Tambak Oso,’’ ujar Kepala PUPR Sidoarjo Sigit Setyawan. ’’Ada juga di Jalan Pahlawan, Lingkar Barat, dan Pagerwojo yang masih dalam tahap pengajuan site plan,’’ tambahnya..

Ada beberapa hal yang membuat peminat apartemen meningkat. Sigit mengatakan, luas lahan Sidoarjo hanya 72 ribu hektare. Kondisi tersebut tidak berbanding lurus dengan kebutuhan rumah. ’’Sementara jumlah warga semakin bertambah,’’ ucapnya. Hal itu membuat harga tanah di Sidoarjo tinggi. ’’Pengembang banyak yang memutar haluan membangun hunian vertikal,’’ lanjutnya.

Selain itu, terdapat perubahan gaya hidup. Sigit menjelaska­n, mayoritas warga Sidoarjo merupakan pendatang. Mereka bekerja di Sidoarjo atau Surabaya. Seminggu sekali mereka pulang ke kampung halaman. ’’Karena tidak ingin ribet, mereka menyewa atau membeli apartemen,’’ jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Sidoarjo Juana Sari mengatakan bahwa tata kota berkembang lantaran Sidoarjo berdekatan dengan Surabaya. Mayoritas warga yang bekerja di Surabaya tidak mampu membeli rumah. ’’Akhirnya lari ke Sidoarjo karena masih terjangkau harganya,’’ tuturnya.

Juana menuturkan, pemkab harus mengatur perkembang­an Kota Delta. Sebab, dalam RTRW Sidoarjo, seluruh kecamatan saat ini bisa dibangun hunian. ’’Harus dibedakan mana yang kawasan industri dan mana yang industri,’’ paparnya. (aph/c15/ai)

 ??  ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS TAHAP FINISHING: Pekerja membersihk­an kaca apartemen yang berlokasi di Kelurahan Sumput kemarin. Sektor properti di Sidoarjo terus berkembang.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS TAHAP FINISHING: Pekerja membersihk­an kaca apartemen yang berlokasi di Kelurahan Sumput kemarin. Sektor properti di Sidoarjo terus berkembang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia