Jawa Pos

Ajak Anak Buat Dekorasi Rumah

-

GRESIK – Anak-anak harus saat berada di rumah. Suasana tempat tinggal pun harus mendukung. Salah satu caranya mengajak anak membuat sendiri pernik-pernik penghias tempat tinggal. Dengan demikian, mereka bisa menikmati dan mengasah kreativita­s. Hal itulah yang dilakukan Nastiti Retno Maruti. Perempuan yang akrab disapa Utie itu juga tidak perlu menyiapkan ataupun membeli perkakas khusus. Dia memanfaatk­an aneka benda yang sudah tidak terpakai. Kebetulan, Utie menjual minuman dengan aneka varian rasa. Botol maupun wadah sisa produksi tidak dibuang begitu saja. Proses mengubah tampilan barang bekas menjadi barang baru itu tak lepas dari tahap pengecatan. Pada tahap tersebut, Utie kerap melibatkan anak semata wayangnya, Bisma Satriya Bramasto, 6. ”Kadang aku kehabisan ide, botolnya dicat warna apa. Terus, aku tanya ke Bisma. Dia antusias dan ikutan ngecat,” terangnya.

Perempuan 35 tahun itu menuturkan, dengan kegiatan tersebut, Bisma jadi lebih mudah mengenal warna. Dia punya kepekaan untuk memadukan beragam warna. Juga lebih cepat menghafal campuran cat untuk menghasilk­an warna tertentu. Misalnya, campuran cat biru dan kuning yang menghasilk­an warna hijau. Atau campuran cat merahdanku­ningyangme­munculkanw­arnaoranye.”Pengecatan­pertama Bisma yang lakuin. Baru nanti tahap finishing papanya,” katanya.

Utie mengajak Bisma mengecat barang bekas dari kaleng, besi, maupun kayu. Kaleng bekas makanan kesukaan si anak pun disulap jadi baru. Setelah dicat, kaleng itu digambari serta ditambahi tulisan dan stiker. Setelah jadi, kaleng dimanfaatk­an sebagai wadah bahan-bahan memasak. ”Bisma jadi kreatif. Dia sering kasih ide untuk memanfaatk­an barang sisasisa produksi jadi sesuatu,” ungkapnya. (hay/c6/dio)

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? enjoy
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS enjoy

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia