Jawa Pos

As Roda Patah, Truk Terguling

-

SIDOARJO – Jalan Raya Candi sempat macet cukup parah kemarin (20/9). Laju kendaraan yang mengarah ke utara (Surabaya) tersendat. Gara-garanya, truk bermuatan pasir terguling di tengah jalan di sekitar traffic light Candi. Badan truk dan muatannya yang tumpah menutup sebagian ruas jalan. Akibatnya, pengendara harus sabar bergiliran. ”As roda belakang patah,” kata Oki Sanjaya, sopir truk bernopol W 8037 NR tersebut, di lokasi kejadian.

Warga Desa Punggul, Gedangan, itu menjelaska­n bahwa truk be- rangkat dari Desa Watukosek, Gempol, Pasuruan. Dia mengemudi seorang diri dengan membawa muatan pasir ke sebuah galangan di Desa Siwalanpan­ji, Buduran.

Mulanya, tidak ada kendala. Oki memacu truk berkepala putih itu di lajur kanan. Nah, beberapa meter sebelum lokasi terguling, dia merasa ada yang tidak beres. Bagian belakang truknya terasa goyang. ”Mungkin karena di lajur kanan, jalannya bergelomba­ng,” jelasnya.

Oki berusaha menghilang­kan goyangan dengan mengarahka­n kendaraan ke lajur kiri. Namun, keputusan itu justru mendatangk­an petaka. Ban belakang sisi kiri truk malah tiba-tiba terlepas. Kontan, truk tersebut terguling ke kiri. ”Orang-orang berdatanga­n menolong,” tuturnya.

Sejumlah petugas mendatangi lokasi kejadian. Mereka mengatur jalan sambil menunggu evakuasi. Oleh petugas, kendaraan roda empat diarahkan untuk melintas di lajur kanan. Di sisi lain, pengendara roda dua diminta melewati lajur yang tersisa di barat badan truk. ”Kejadianny­a pukul 11.45,” ujar Kanit PJR Jatim III AKP Suwarno. (edi/c16/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia