Jawa Pos

Kingsman Belum Balik Modal

-

LOS ANGELES – Sulit ternyata meyakinkan moviegoers untuk menonton Kingsman: The Golden Circle. Setidaknya, 20th Century Fox tidak bisa langsung balik modal pada pekan pertama penayangan. Film yang dibintangi Colin Firth dan Taron Egerton itu memang memuncaki box office Amerika Utara dan worldwide sekaligus. Tapi, angkanya tak sebesar yang diharapkan.

Film besutan sutradara Matthew Vaughn tersebut mengumpulk­an USD 39 juta (Rp 519,5 miliar) di Amerika Utara. Angka itu kurang dari target awal Fox yang sebesar USD 40 juta (Rp 532,9 miliar). Sedangkan secara global, sekuel Kingsman: The Secret Service itu meraup USD 100,2 juta atau Rp 1,3 triliun. Padahal, bujet penggarapa­nnya mencapai USD 104 juta.

Fox berusaha menghibur diri. Setidaknya, jika dibandingk­an dengan film pertama, pendapatan weekend pertama ini lebih tinggi. ”Catatan itu naik 7 persen daripada film pertama. Itu berarti kami sukses ‘mengembang­kan’ franchise ini. Kami gembira sekali,” papar Chris Aronson, kepala distribusi Fox, seperti dikutip USA Today.

Meski demikian, pengamat tetap mencari tahu mengapa pendapatan film itu tidak spektakule­r. Apalagi, kini ada bintang-bintang baru. Antara lain Channing Tatum dan Halle Berry. Graeme McMillan, kolumnis The Hollywood Reporter, menilai hal-hal itu justru mengurangi keajaiban franchise Kingsman. Film pertama tidak mengandalk­an star power. Bintangnya cuma Firth. Ada Samuel L. Jackson dan Michael Caine, tapi hanya cameo.

” The Secret Service memperkena­lkan mitologi yang familier buat kita. Vaughn mendaur ulangnya menjadi separo tribute dan separo parodi. Teknologi, ponsel, dan SIM card dikemas dalam gaya James Bond tapi lucu,” ulas McMillan. ”Banyak referensi yang digunakan. The Golden Circle, di sisi lain, adalah cerita orisinal,” lanjutnya. (Deadline/USA Today/fam/c11/na)

 ?? 20TH CENTURY FOX ?? EDGY: Penampilan Taron Egerton dalam Kingsman: The Golden Circle yang memuncaki box office akhir pekan lalu.
20TH CENTURY FOX EDGY: Penampilan Taron Egerton dalam Kingsman: The Golden Circle yang memuncaki box office akhir pekan lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia