Jawa Pos

Hanya Berani Targetkan Satu Emas

BWF World Junior Championsh­ips 2017

-

JAKARTA – Sejumlah pemain yang turun di Asia Junior Championsh­ips 2017 kembali mendapat kepercayaa­n dari PB PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia). Kepercayaa­n tersebut diperoleh setelah mereka berhasil meraih hasil bagus saat tampil di Asia Junior Championsh­ip di Jakarta pada Juli lalu. Saat itu Rehan Naufal dan kawankawan meraih 1 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Dengan raihan tersebut, meski ada sedikit rotasi, mayoritas pebulu tangkis masih dipercaya tampil di BWF World Junior Championsh­ips 2017. Event itu berlangsun­g di Jogjakarta, 9–22 Oktober 2017. Drawing pertanding­an berlangsun­g pada 28 September 2017 di Jakarta.

Kabidbinpr­es PP PBSI Susy Susanti yang juga manajer tim junior Indonesia menyatakan, rotasi tersebut merupakan upaya untuk memberikan kesempatan kepada atlet muda lainnya yang memiliki prestasi dan skill yang bagus. De- ngan begitu, jumlah pebulu tangkis yang diturunkan dalam event kali ini sedikit berbeda. Sebab, menurut Susy, jatah jumlah atletnya juga berbeda.

Kalau di World Junior Championsh­ips, jumlahnya masing-masing tiga wakil untuk ganda putra dan putri. Sementara itu, tunggal putra dan putri serta ganda campuran masing-masing empat wakil. ’’Kami akhirnya memilih berdasar prestasi dan seleksi,’’ kata Susy.

BWF World Junior Championsh­ips 2017 akan mempertand­ingkan dua kategori, yaitu beregu campuran dengan format sebagaiman­a yang digunakan di Piala Sudirman dan nomor perorangan. Nah, meski berstatus tuan rumah, PBSI memilih realistis soal target. Yakni, satu gelar juara dari nomor perorangan dan semifinal untuk nomor beregu.

’’Saya tidak menentukan sektor mana di perorangan. Kami berharap bisa mendapatka­n yang terbaik untuk prestasi Indonesia. Beregu minimal semifinal, tapi kami berharap lebih dari itu,’’ papar peraih medali emas tunggal putri di Olimpiade Barcelona 1992 tersebut. (ben/c15/ady)

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? UJIAN BERAT: Gregoria Mariska Tunjung mendapat kepercayaa­n ke BWF World Junior Championsh­ips 2017.
HENDRA EKA/JAWA POS UJIAN BERAT: Gregoria Mariska Tunjung mendapat kepercayaa­n ke BWF World Junior Championsh­ips 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia