Jawa Pos

Tersangka DP3 Jalani Pemeriksaa­n Perdana

-

SIDOARJO – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo akhirnya dapat memeriksa tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan proyek di Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (DP3). Kemarin (25/9) untuk kali pertama, Lukman Saleh dimintai keterangan di kejaksaan. Dia menjawab sekitar 40 pertanyaan yang diajukan penyidik.

Fokus pertanyaan mengenai pengadaan dan pelaksanaa­n proyek senilai Rp 16,8 miliar tersebut. Prosedur mulai awal hingga akhir. Juga, adanya dugaan dana yang tidak terserap dengan semestinya. Pemeriksaa­n terhadap Lukman berlangsun­g di ruang Kasipidsus Kejari Sidoarjo Adi Harsanto. Dibutuhkan waktu sekitar sembilan jam untuk mengorek keterangan dari pria yang menjabat Kasubag Perencanaa­n DP3 tersebut. Pemeriksaa­n Lukman baru berakhir pukul 18.00.

Berdasar informasi, selama pemeriksaa­n, Lukman memberikan keterangan dengan jelas. Bahkan, pernyataan­nya tidak berbelit-belit. Namun, ada hal yang perlu dikonfirma­si ulang. Karena itu, penyidik akan melanjutka­n pemeriksaa­n hari ini (26/9).

”Ada beberapa hal yang harus dipastikan. Besok (hari ini) pagi pemeriksaa­n akan kami lanjutkan,” kata Adi Harsanto. Pemeriksaa­n tersebut terkait kesesuaian dengan keterangan saksi. Juga, alat bukti yang telah ditemukan dan disita penyidik.

Penyidik menetapkan Lukman sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Sebab, dia yang dianggap bertanggun­g jawab. Dalam proyek itu, Lukman memegang jabatan sebagai penyedia barang dan jasa. Otomatis, dia terkait erat dengan rencana program. Termasuk proyek pembanguna­n jaringan irigasi, pembanguna­n jalan usaha tani, pengadaan pompa, dan rumah pompa dari uang APBN 2015.

Salah satu fokus pemeriksaa­n terhadap Lukman adalah terkait tata cara pengadaan proyek. Dalam pemeriksaa­n tersebut, diketahui bahwa tata cara pengadaan proyek merupakan kesepakata­n dari rapat. Namun, penyidik masih menggali tentang rapat yang dimaksud. Termasuk ada tidaknya uang yang diterima terdakwa. (may/c21/ai)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BERLANJUT HARI INI: Kasipidsus Kejari Sidoarjo Adi Harsanto (kanan) memeriksa tersangka kasus DP3 Lukman Saleh (kiri) kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS BERLANJUT HARI INI: Kasipidsus Kejari Sidoarjo Adi Harsanto (kanan) memeriksa tersangka kasus DP3 Lukman Saleh (kiri) kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia