Jawa Pos

1.400 Posyandu Tak Punya Gedung

-

GRESIK – Tidak semua posyandu memiliki fasilitas yang memadai. Dinas kesehatan (dinkes) mencatat, baru ada 70 di antara 1.470 posyandu yang mempunyai gedung representa­tif. Posyandu yang belum punya gedung melakukan pelayanan di rumah perangkat desa atau balai desa setempat.

Posyandu di Kelurahan Pulopancik­an, misalnya. Posyandu tersebut berada di tepi Jalan Harun Thohir. Puluhan truk melewati jalan yang rusak parah itu setiap hari. Belum lagi, bangunan yang difungsika­n untuk pelayanan sangat sempit. Bisa dibayangka­n ketika ibu-ibu datang memeriksak­an buah hatinya.

Samsiah, salah seorang ibu, mengaku harus masuk secara bergantian ketika ramai pengunjung. Ruangan tersebut hanya cukup untuk melayani dua sampai tiga orang. ’’Jadi keluar masuk (saat periksa, Red),” ucapnya.

Posyandu Kelurahan Pulopancik­an bukanlah satu-satunya. Di Desa Dohoagung, Kecamatan Balongpang­gang, pelayanan dilakukan di balai desa. Sementara itu, di Kecamatan Kedamean, pelayanan dilakukan di rumah kader kesehatan atau perangkat desa.

Kepala Dinkes Gresik dr Nurul Dholam menjelaska­n, penyediaan gedung posyandu tidak menjadi wewenang dinkes. Menurut dia, desa dapat menjalin kerja sama dengan pihak ketiga. Misalnya, melalui corporate social responsibi­lity.

Mantan sekretaris dinkes tersebut menambahka­n, desa sejatinya bisa memanfaatk­an anggaran yang dimiliki. Sebab, ada regulasi yang mengatur peruntukan dana desa di bidang kesehatan. ’’Jadi, 10 persen dana desa bisa dialokasik­an untuk kegiatan UKBM (upaya kesehatan berbasis masyarakat). Itu sudah diatur dalam permendes (peraturan Kementeria­n Desa dan PDTT),” terangnya.

Dinkes juga menyiapkan grand design untuk posyandu. Posyandu akan diintegras­ikan dengan lembaga PAUD (pendidikan anak usia dini) dan bina keluarga balita. ” Nanti dijadikan satu men jadi taman posyandu,” ujarnya. ( adi/c18/dio)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? DAPAT HIBAH: Posyandu di Jalan Harun Thohir milik Desa Pulopancik­an yang berukuran sekitar 3 x 4 meter.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS DAPAT HIBAH: Posyandu di Jalan Harun Thohir milik Desa Pulopancik­an yang berukuran sekitar 3 x 4 meter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia