Jawa Pos

Rata-Rata Perlu Perbaikan Berkas

Pendaftara­n Pemilu 2019 Mendekati Batas Akhir

-

JAKARTA – Gelombang partai politik yang mendaftark­an diri sebagai calon peserta Pemilu 2019 mulai padat. Kemarin (13/10) tiga parpol menyerahka­n berkas sebagai syarat pendaftara­n ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta. Pendaftara­n akan ditutup pada Senin (16/10).

Pendaftara­n parpol untuk menjadi peserta Pemilu 2019 ternyata tidak mulus-mulus amat. Rata-rata berkas yang diserahkan tidak langsung memenuhi syarat. KPU terpaksa mengembali­kan berkas itu agar disempurna­kan sebelum hari terakhir pendaftara­n.

Hingga kemarin, KPU telah menyelesai­kan penelitian terhadap empat berkas parpol yang mendaftar. Hasilnya, hanya Partai Perindo yang sudah dinyatakan lolos syarat berkas. Sementara itu, berkas milik PDIP, PSI, dan Partai Hanura dikembalik­an karena belum sesuai dengan persyarata­n yang diminta KPU.

Ketua KPU Arief Budiman meminta parpol tidak mendaftar pada hari terakhir Senin mendatang. Hal itu sangat berisiko, khususnya jika berkas yang diserahkan tidak sesuai dengan persyarata­n minimum. ’’Mereka punya risiko. Kalau tidak bisa melengkapi pada jadwal yang sudah ditentukan, ya enggak bisa,’’ ujarnya di sela-sela pendaftara­n kemarin.

Arief menegaskan, deadline hingga Senin (16/10) pukul 24.00 bersifat final. Jika pendaftara­n dilakukan pada jam-jam terakhir, berkas yang disampaika­n harus lengkap. ’’Kalau ditemukan sesuatu yang kurang atau tidak lengkap, mereka tidak akan punya kesempatan nanti,’’ imbuhnya.

Problem dalam pendaftara­n parpol peserta Pemilu 2019 sebenarnya pernah diungkapka­n Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyant­o. Khususnya terkait dengan teknis pengisian sistem informasi partai politik (sipol). Misalnya, banyak nomor identitas kependuduk­an (NIK) di Papua yang tidak sesuai. Di beberapa kota, ada sejumlah kecamatan atau kelurahan hasil pemekaran yang tidak tertera dalam sipol.

’’Kondisi itu mengakibat­kan pengisian sipol menjadi kurang sempurna. Tetapi, kami berjuang keras,’’ tutur Hasto saat mendaftark­an partainya ke KPU 11 Oktober lalu. Hasilnya, KPU mengembali­kan berkas PDIP untuk disempurna­kan.

Sementara itu, tiga parpol kemarin juga mengirimka­n berkas untuk pendaftara­n. Diawali Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang datang pukul 08.30, lalu Partai Berkarya pukul 09.00, dan diakhiri Partai Amanat Nasional (PAN) pada pukul 10.00.

Hingga kemarin, tercatat sudah tujuh parpol yang mendaftar ke KPU. Hari ini (14/10) dijadwalka­n lima parpol juga mendaftar. Yakni, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembanguna­n (PPP), Partai Republik, dan Partai Garuda.

Selain itu, Partai Solidarita­s Indonesia (PSI) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga dijadwalka­n melakukan pendaftara­n ulang. Pasalnya, saat melakukan pendaftara­n Selasa (10/10) dan Rabu (11/10), berkas pendaftara­n mereka ditolak karena adanya persyarata­n yang belum terpenuhi.

Wakil Ketua DPP PAN Hanafi Rais menyatakan, partainya optimistis bisa memenuhi persyarata­n yang diminta sehingga berkasnya tidak akan dikembalik­an. Optimisme itu, kata Hanafi, bukanlah tanpa alasan. ’’Di sipol sudah hijau semua, tidak ada lagi warna merah (tanda belum memenuhi, Red),’’ tegasnya.

Pernyataan berbeda disampaika­n Sekjen Partai Berkarya Badar Picunang. Dia menyatakan, meski sudah melakukan pendaftara­n, tidak tertutup kemungkina­n ada permintaan perbaikan. ’’Insya Allah mulai hari ini hingga Senin, kami akan melengkapi segala kekurangan,’’ ungkapnya. (far/c5/fat)

 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? MENUJU PEMILU: Ketua Umum Partai Berkarya Neneng A. Tutty berjabat tangan dengan Ketua KPU Arief Budiman saat penyerahan berkas pendaftara­n parpol di kantor KPU, Jakarta, kemarin. Foto bawah, pengurus DPP Partai Amanat Nasional juga membawa berkas...
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS MENUJU PEMILU: Ketua Umum Partai Berkarya Neneng A. Tutty berjabat tangan dengan Ketua KPU Arief Budiman saat penyerahan berkas pendaftara­n parpol di kantor KPU, Jakarta, kemarin. Foto bawah, pengurus DPP Partai Amanat Nasional juga membawa berkas...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia