Penjualan Otomotif Tumbuh Tipis

Jawa Pos - - Ekonomi Bisnis -

SURABAYA – Popularitas mobil hijau ( low cost green car/ LCGC) mulai menggerus kendaraan low multipurpose vehicle (LMPV). Halitu ditunjukkan Daihatsu Sigra yang menjadi mobil terlaris di Indonesia.

Larisnya Sigra mengerek penjualan Daihatsu pada kuartal ketiga 2017. Menurut Marketing Director Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, Daihatsu berhasil membukukan penjualan borongan ( wholesales) sebanyak 140.233 unit. Sedangkan penjualan ritel mencapai 134.230 unit. ”Daihatsu memperoleh market share 17,4 persen sampai September tahun ini,” ujarnya.

Sigra merupakan mobil Daihatsu yang paling banyak menyumbangkan kontribusi di segmen wholesales, yakni 32.171 unit. Kedigdayaan Sigra itu mampu menggeser Xenia yang sudah bertahun-tahun menduduki posisi tersebut.

Setelah Sigra, Daihatsu Gran Max (PU) menyodok dengan kontribusi 30.534 unit dan disusul Xenia 28.084 unit. ” Brand lain punya produk serupa, tapi tidak memiliki tim yang solid. Itu penyebab kami bisa mencapai volume penjualan ini meski ekonomi masih stagnan,” jelas Amel.

Kesuksesan Sigra membuktikan konsumen Indonesia memang menggilai mobil tujuh bangku. Buktinya, LCGC lima kursi Daihatsu Ayla hanya berada di posisi keempat dengan sumbangan 23.943 unit. Di bawah Ayla menyusul Gran Max (MB) 11.042 unit serta Terios 9.377 unit.

Sedangkan gabungan penjualan Daihatsu Luxio, Sirion, Daihatsu Hi-Max, dan Copen mencetak angka penjualan 5.082 unit.

”Ini menjadi bukti bahwa Daihatsu, khususnya Sigra, menjadi favorit di hati masyarakat,” ujar Amelia.

Berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pertumbuhan pasar mobil terlihat dari hasil penjualan wholesales periode Januari–Agustus 2017 yang mencapai 715.291 unit.

Dari jumlah tersebut, 79 persen merupakan kendaraan penumpang dan sisanya kendaraan niaga. Angka itu tumbuh 3,6 persen bila dibandingkan dengan periode Januari–Agustus 2016 sebanyak 690.300 unit.

Khusus kinerja sepanjang Agustus 2017, penjualan mobil mencapai 94.466 unit atau naik tipis bila dibandingkan dengan 96.282 unit pada Agustus tahun lalu. (car/c10/noe)

FRIZAL/JAWA POS

FULL TEAM: Pramuniaga menawarkan Daihatsu Sigra, Great New Xenia, Sirion, dan Ayla dalam pameran otomotif di Surabaya beberapa waktu lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.