Terkaya di Tiongkok berkat Properti

Jawa Pos - - Internasional -

BEIJING – Hanya dalam kurun waktu satu tahun, kekayaan Chairman Evergrande Group Xu Jiayin berlipat ganda. Hurun Report menobatkan sebagai orang terkaya di Tiongkok, menggeser posisi Wang Jianlin, pendiri Dalian Wanda Group. Tahun lalu, Xu hanya duduk di posisi ke-10. Lompatan besar itu terjadi karena saham perusahaannya meningkat 480 persen.

Saat ini harga saham Evergrande Group di pasaran mencapai USD 47 miliar (Rp 634,06 triliun). Sedangkan kekayaan Xu diperkirakan mencapai USD 43 miliar atau setara dengan Rp 580,147 triliun. Tahun lalu, kekayaannya hanya USD 11,6 miliar (Rp 156,17 triliun).

Beberapa media lokal di Tiongkok menyamakan pebisnis 59 tahun itu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Mereka berdua sama-sama sukses bekecimpung di bisnis realestat dan punya utang setumpuk.

”Evergrande Group merupakan perusahaan yang memiliki utang terbanyak kedua di Tiongkok,” tulis kantor berita Reuters.

Total utang Evergrande Group mencapai lebih dari USD 100 miliar (Rp 1,34 kuadriliun) atau setara dengan 240 persen nilai perusahaan. Mereka berjanji memangkas rasio utang menjadi sekitar 70 persen pada 2020.

Melonjaknya nilai perusahaan Evergrande Group dan kekayaan Xu tak lepas dari meningkatnya nilai aset properti di Tiongkok. Harga properti di negeri panda itu luar biasa mahal. Mereka juga piawai menjual properti ke kelompok menengah ke atas. (Reuters/ TheIndependent/sha/c21/any)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.