Kans Malaysia Jegal Dominasi Tiongkok

Jawa Pos - - Total Sport -

JOGJAKARTA – Partai puncak nomor beregu BWF World Junior Championships 2017 bakal mempertemukan Malaysia dan Tiongkok. Pertemuan tersebut mengulangi final ajang yang sama edisi tahun lalu. Saat itu, Tiongkok mempecundangi rivalnya itu di final.

Dominasi Tiongkok di ajang tahunan tersebut memang sulit dibantah. Skuad Negeri Panda sudah sebelas kali membawa gelar beregu. Tak heran, stok jagoan bulu tangkis Tiongkok tetap mendominasi hingga beberapa tahun mendatang.

Namun, hegemoni Tiongkok tersebut tak mustahil bakal tercoreng di GOR Among Rogo, Jogjakarta, pada final hari ini. Malaysia, yang mereka hadapi nanti, belum pernah ternoda sepanjang perjalanannya ke partai puncak.

Total, negeri jiran itu sudah melakoni lima laga. Hebatnya, mereka mampu menyapu bersih semua partai. Bahkan, mereka tak kehilangan satu game pun. Seluruh laga berhasil diselesaikan dengan straight game, termasuk saat mengempaskan Korea Selatan di semifinal dengan skor 3-0 kemarin. Padahal, Negeri Ginseng adalah unggulan pertama.

Namun, pelatih Malaysia Goh Yen Yen enggan jemawa. Menurut dia, kemenangan sempurna yang selalu didapat timnya adalah sebuah keberuntungan. ’’Semua pelatih pasti ingin menang dengan sempurna kan?” ungkapnya.

Karena itu, Tiongkok wajib waswas. Sebab, Goh Yen Yen berjanji mengulang ’’keberuntungan’’ tersebut di laga final. ’’Untuk melanjutkan performa hari ini (mengalahkan Korsel), kami akan tu- runkan skuad terbaik yang kami miliki,” lanjutnya.

Pelatih Kepala Tiongkok Wang Wei tak bisa menyembunyikan kekhawatirannya. Sebab, dia terlalu mengandalkan sektor ganda untuk mencuri poin dari Malaysia. ’’Padahal, ganda kami sedang keteteran. Lawan Jepang tadi (kemarin) terlihat sekali,” katanya.

Tiongkok memang berhasil mengalahkan Jepang di semifinal dengan skor 3-1. Sektor ganda juga menyumbang poin. Namun, penampilannya dinilai kurang memuaskan. Hal itu tak lepas dari bongkar pasang yang dilakukan di sektor tersebut.

Apalagi, ganda putra Di Zijian/ Wang Chang juga kalah di penyisihan. Juara Asia Junior 2017 itu secara mengejutkan dikalahkan pasangan Taiwan Lu Chen/Ye Hong Wei 17-21, 20-22 di penyisihan grup G. ’’Karena itu, kami harus memperkuat sektor tunggal,” lanjut Wang Wei.

Masalahnya, Malaysia punya kekuatan besar di sektor tunggal. Di tunggal putra, ada Leong Jun Hao. Dia adalah juara Asia Junior 2017. Di tunggal putri, ada Goh Jin Wei yang merupakan peraih emas SEA Games 2017. (gus/c17/ady)

WAHYUDIN/JAWA POS

MESIN POIN: Tunggal putri Malaysia Goh Jin Wei tampil solid saat mengalahkan Se Young-an pada semifinal beregu kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.