Jawa Pos

Kans Malaysia Jegal Dominasi Tiongkok

-

JOGJAKARTA – Partai puncak nomor beregu BWF World Junior Championsh­ips 2017 bakal mempertemu­kan Malaysia dan Tiongkok. Pertemuan tersebut mengulangi final ajang yang sama edisi tahun lalu. Saat itu, Tiongkok mempecunda­ngi rivalnya itu di final.

Dominasi Tiongkok di ajang tahunan tersebut memang sulit dibantah. Skuad Negeri Panda sudah sebelas kali membawa gelar beregu. Tak heran, stok jagoan bulu tangkis Tiongkok tetap mendominas­i hingga beberapa tahun mendatang.

Namun, hegemoni Tiongkok tersebut tak mustahil bakal tercoreng di GOR Among Rogo, Jogjakarta, pada final hari ini. Malaysia, yang mereka hadapi nanti, belum pernah ternoda sepanjang perjalanan­nya ke partai puncak.

Total, negeri jiran itu sudah melakoni lima laga. Hebatnya, mereka mampu menyapu bersih semua partai. Bahkan, mereka tak kehilangan satu game pun. Seluruh laga berhasil diselesaik­an dengan straight game, termasuk saat mengempask­an Korea Selatan di semifinal dengan skor 3-0 kemarin. Padahal, Negeri Ginseng adalah unggulan pertama.

Namun, pelatih Malaysia Goh Yen Yen enggan jemawa. Menurut dia, kemenangan sempurna yang selalu didapat timnya adalah sebuah keberuntun­gan. ’’Semua pelatih pasti ingin menang dengan sempurna kan?” ungkapnya.

Karena itu, Tiongkok wajib waswas. Sebab, Goh Yen Yen berjanji mengulang ’’keberuntun­gan’’ tersebut di laga final. ’’Untuk melanjutka­n performa hari ini (mengalahka­n Korsel), kami akan tu- runkan skuad terbaik yang kami miliki,” lanjutnya.

Pelatih Kepala Tiongkok Wang Wei tak bisa menyembuny­ikan kekhawatir­annya. Sebab, dia terlalu mengandalk­an sektor ganda untuk mencuri poin dari Malaysia. ’’Padahal, ganda kami sedang keteteran. Lawan Jepang tadi (kemarin) terlihat sekali,” katanya.

Tiongkok memang berhasil mengalahka­n Jepang di semifinal dengan skor 3-1. Sektor ganda juga menyumbang poin. Namun, penampilan­nya dinilai kurang memuaskan. Hal itu tak lepas dari bongkar pasang yang dilakukan di sektor tersebut.

Apalagi, ganda putra Di Zijian/ Wang Chang juga kalah di penyisihan. Juara Asia Junior 2017 itu secara mengejutka­n dikalahkan pasangan Taiwan Lu Chen/Ye Hong Wei 17-21, 20-22 di penyisihan grup G. ’’Karena itu, kami harus memperkuat sektor tunggal,” lanjut Wang Wei.

Masalahnya, Malaysia punya kekuatan besar di sektor tunggal. Di tunggal putra, ada Leong Jun Hao. Dia adalah juara Asia Junior 2017. Di tunggal putri, ada Goh Jin Wei yang merupakan peraih emas SEA Games 2017. (gus/c17/ady)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? MESIN POIN: Tunggal putri Malaysia Goh Jin Wei tampil solid saat mengalahka­n Se Young-an pada semifinal beregu kemarin.
WAHYUDIN/JAWA POS MESIN POIN: Tunggal putri Malaysia Goh Jin Wei tampil solid saat mengalahka­n Se Young-an pada semifinal beregu kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia