Jawa Pos

BBWS Tangani Kali Buntung

Normalisas­i Berlangsun­g Bulan Depan

-

SIDOARJO – Pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo dipermudah. Instansi tersebut bakal dibantu oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas untuk normalisas­i Kali Buntung. Bulan depan kegiatan pengerukan dipastikan berjalan.

Kepala Dinas PUPR Sidoarjo Sigit Setyawan menyatakan, pihaknya sudah menggelar rapat dengan BBWS. Dalam pertemuan itu, BBWS diminta membantu kegiatan pengerukan sungai dan penertiban bangunan liar.

”Permintaan kami disetujui,” ucapnya kemarin (13/10). ”Jadi, nanti konsepnya seperti penertiban di Jagir, Surabaya,’’ imbuhnya. Saat itu BBWS lah yang bertugas menertibka­n bangli di wilayah tersebut.

Selanjutny­a, pemkab dan BBWS akan menggelar rapat lanjutan. Tujuannya, menyinkron­kan kegiatan normalisas­i tersebut. Sebab, BBWS juga memiliki program pengerukan di sepanjang Kali Buntung. ”Kami koordinasi menentukan titiknya,” jelasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Manfaat Dinas PUPR Sidoarjo Bambang Tjatur menuturkan, pihaknya akan mengirim data-data mengenai Kali Buntung. Misalnya, hasil pengukuran sempadan, alur sungai, serta jumlah bangli yang berdiri di kali tersebut. Rencananya, BBWS yang melakukan penertiban bangli, mengeruk sedimentas­i, dan membangun plengsenga­n. ’’Sementara pemkab hanya membantu,’’ katanya. ’’Semoga bulan depan sudah berjalan,’’ lanjutnya.

Rencananya, penertiban bangli berjalan di empat desa. Yakni, Bungurasih, Medaeng, Waru, dan Kedungrejo. Pertengaha­n tahun lalu, pemkab sudah menggelar sosialisas­i di empat desa tersebut. Hasilnya, warga mendukung normalisas­i.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Taufik Hidayat Tri Yudono menjelaska­n bahwa penertiban harus segera dilakukan. Sempadan Kali Buntung harus steril dari bangli. ”Sudah tidak ada toleransi lagi untuk bangli,” tuturnya. Po- litikus PDIP tersebut mengungkap­kan, selama ini keberadaan bangli sangat merugikan. Selain menimbulka­n banjir, rumah semiperman­en itu membuat kawasan Waru kumuh. Dia berharap, setelah bangli ditertibka­n, pemkab segera mengembali­kan fungsi sempadan. (aph/c20/ai)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? DIPENUHI ECENG GONDOK: Dua pelajar melintas di jembatan Kali Buntung. BBWS akan membersihk­an kali tersebut.
BOY SLAMET/JAWA POS DIPENUHI ECENG GONDOK: Dua pelajar melintas di jembatan Kali Buntung. BBWS akan membersihk­an kali tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia