Jawa Pos

Di Tanggulrej­o, Petahana Bersaing dengan Guru

-

GRESIK – Masih landai-landai saja suasana Desa Tanggulrej­o, Kecamatan Manyar. Padahal, desa itu bakal menghelat pilkades serentak bersama 18 desa lain pada 29 Oktober.

Ada dua calon Kades. ”Penetapan dan pengundian nomor urut calon sudah tuntas,” ujar Ketua Panitia Pilkades Tanggulrej­o Syamsul Anam kemarin (13/10).

Dua calon itu adalah Abdul Rouf dan Abdul Karim Aly. Abdul Karim merupakan calon petahana. Dia menjabat Kades pada 2011–2017. Adapun Abdul Rouf berstatus guru SMK Assa’adah Bungah. Pengundian dan penetapan calon dilakukan di balai desa Selasa (10/10). Prosesi dihadiri seluruh panitia dan perwakilan pendukung kedua calon.

Menjelang pilkades, Desa Tanggulrej­o cenderung adem ayem. Tidak ada deretan spanduk, baliho, atau poster foto wajah kedua calon. Gang-gang perkampung­an yang terdiri atas 16 RT itu sepi dari alat peraga kampanye. ’’Memang beginilah suasananya. Sangat-sangat kondusif,” ujar Syamsul.

Pekan depan, panitia berinisiat­if mencetak sepuluh baliho dan 15 spanduk. Belum termasuk poster-poster kecil yang akan ditempel di gang-gang kampung. ’’Ini sebagai sosialiasi kepada warga,” ujar guru madrasah aliyah (MA) tersebut.

Meski adem ayem, Syamsul optimistis partisipas­i pemilih di hari H pencoblosa­n tetap tinggi. Panitia akan berupaya maksimal. Misalnya, menyampaik­an woroworo melalui pengeras suara masjid dan musala. Dengan begitu, pemilih diharapkan berbondong­bondong datang ke bilik suara di Balai Desa Tanggulrej­o.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Tanggulrej­o M. Rozi optimistis pilkades berjalan lancar. Sejauh ini tidak ada gejolak antarpendu­kung. ’’Ratarata mendaftar karena dorongan masyarakat,” kata Rozi yang juga merangkap sekretaris desa.

Secara terpisah, calon petahana Abdul Karim Aly mengaku tidak berambisi menjabat lagi sebagai Kades. Dia mendaftar lagi karena permintaan masyarakat. ’’Sampai tiga kali perpanjang­an, tidak ada peserta yang daftar. Karena diminta, ya saya maju lagi,” ungkapnya, lalu tertawa. (mar/c25/roz)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia