Jawa Pos

Serba-Pink Bentuk Dukungan

Aksesori yang Didesain Khusus untuk Bulan Peduli Kanker Payudara

-

SURABAYA – Bulan peduli kanker payudara internasio­nal ( breast cancer awareness) ini mendapat perhatian khusus dari sejumlah kalangan, termasuk pebisnis fashion item. Mereka mendonasik­an sebagian dari hasil penjualan produk selama Oktober untuk penderita kanker payudara. Semangat itu kian terasa dengan produk-produk merah muda yang didesain khusus. Misalnya, yang dilakukan Irmaya Haryuni. Anggota komunitas Reach to Recovery Surabaya (RRS) tersebut mendesain gelang berbahan tenun. Warnanya didominasi pink. ’’Awalnya iseng untuk temanteman komunitas sendiri,” ungkap Irma. Ide itu muncul lima bulan yang lalu. Irma dan teman-teman RRS membuat gelang untuk kebutuhan internal. Gelang tersebut berfungsi sebagai penyemanga­t para anggota. Desain gelang yang lucu dengan warna cerah menarik perhatian masyarakat lainnya. Mereka yang bukan anggota RRS maupun penderita kanker payudara ikut tertarik. Irma pun mendapat banyak permintaan. Mau tidak mau, perempuan yang juga survivor kanker payudara itu memperbany­ak produksi gelang. Motif dan bentuknya dibuat bervariasi. Hingga kini, perempuan 36 tahun tersebut sudah memproduks­i sekitar 500 gelang. ’’Banyak yang beli, meski mereka bukan survivor kanker payudara,” jelasnya. Hal itu tentu membuat Irma senang. Artinya, makin banyak orang yang peduli terhadap penyakit mematikan bagi kaum perempuan tersebut. Membeli gelang itu merupakan salah satu cara untuk membantu para penderita kanker payudara sekaligus menyemanga­ti mereka agar tetap berjuang melawan penyakitny­a. Kepedulian terhadap penderita kanker payudara juga ditunjukka­n Channie Tanujaya. Dia mendesain sepatu berwarna merah muda. Sepatu feminin itu bermotif sakura. ’’Warna merah muda soft dari kain organza,”organza, jelasnya. Rencananya, hasil penjualan sepatu selama Oktober disumbangk­an kepada penderita kanker payudara. Channie bukanlah survivor kanker payudara. Dia mengaku peduli karena kanker payudara telah merenggut nyawa banyak perempuan. Dukungan pada bulan peduli kanker payudara juga diwujudkan dalam bentuk tas serba-pink dari Kalyana. ”Ini tahun pertama kami mengikuti kampanye. Semoga langkah kecil ini bisa membantu masyarakat,” tutur Direktur Marketing Kalyana Etty Soraya. Misi penyampaia­n kampanye dilakukan melalui kerja sama Kalyana dengan komunitas RRS. Dana yang didonasika­n diambil dari 10 persen penjualan tas kulit. Kampanye berlangsun­g hingga akhir Oktober.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS DITE SURENDRA/JAWA POS ?? BUNGA-BUNGA: Channie Tanujaya mengenakan sepatu pink yang yang dibuat khusus olehnya. Foto bawah, sepatu dibuat dengan kain organza. ETNIK: Agnes Amelia mengenakan tas kulit Kalyana yang didesain khusus untuk breast cancer awareness month.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS DITE SURENDRA/JAWA POS BUNGA-BUNGA: Channie Tanujaya mengenakan sepatu pink yang yang dibuat khusus olehnya. Foto bawah, sepatu dibuat dengan kain organza. ETNIK: Agnes Amelia mengenakan tas kulit Kalyana yang didesain khusus untuk breast cancer awareness month.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia