Jawa Pos

Mandul setelah Lima Tahun

-

PIRAEUS – Ingin memandulka­n Barcelona? Tiru saja apa yang dilakukan Olympiacos di Stadion Karaiskaki­s. Barca –sebutan Barcelona– yang begitu produktif di La Liga dengan koleksi 28 gol tidak mampu mele sakkan sebiji gol pun ke gawang Olympiacos. So, laga di matchday keempat grup D kemarin harus berakhir imbang tanpa gol.

Itu adalah scoreless pertama Barca dalam 77 hari terakhir. Atau, sejak mereka dikalahkan Real Madrid 0-2 pada leg kedua Piala Super Spanyol (16/8).

Bahkan, di kancah Eropa, itu merupakan kali pertama dalam lima tahun Barca gagal mencetak gol. Kali terakhir keran gol Barca macet di pentas Eropa saat ditahan imbang 0-0 oleh Benfica pada fase grup Liga Champions musim 2012–2013 (6/12/12).

Magis Lionel Messi juga tak terlihat kemarin. ”Kami sudah mencoba segalanya (untuk menang, Red),” ucap entrenador Barca Ernesto Valverde kepada TV3. ”Kami membuat banyak peluang. Namun, terkadang inilah yang terjadi di sepak bola. Kami puas dengan permainan, namun tidak gembira dengan hasilnya,” lanjut pelatih 53 tahun itu.

Pernyataan Valverde merujuk pada tertundany­a peluang Barca lolos ke babak berikutnya. Ya, andai menang, Barca sudah memastikan satu tiket ke fase knock out karena mengoleksi 12 poin. Namun, hasil imbang tersebut membuat perolehan poin Barca hanya 10. Artinya, mereka baru bisa me- mastikan lolos ke babak selanjutny­a bila menang atas Juventus di matchday kelima (23/10).

Luis Suarez menjadi sorotan pada laga kemarin. Total, dari 12 tembakan yang dilepaskan Barca, tujuh di antaranya dilakukan Suarez. Namun, tidak ada satu pun yang bisa menembus gawang Silvio Proto, kiper Olympiacos. Itu sekaligus memperpanj­ang paceklik gol Suarez. Bomber timnas Uruguay tersebut kali terakhir mencetak gol pada 14 Oktober lalu atau saat Barca ditahan imbang Atletico Madrid 1-1. ”Semakin banyak Suarez gagal mencetak gol, maka semakin baik. Artinya, peluangnya untuk mencetak gol lagi sudah dekat,” bela Valverde.

Sementara itu, bek Nelson Se- medo menilai bahwa hasil seri kemarin serasa kekalahan bagi Barca. ”Anda bisa lihat penampilan kami (melawan Olympiacos). Rasanya sangat buruk saat Anda sudah berjuang matimatian dan mendominas­i pertanding­an, tapi hanya mendapat satu poin,” ucap Semedo seperti dilansir Football Espana.

Derita Barca semakin lengkap setelah Sergi Roberto mengalami cedera hamstring. Roberto mungkin harus absen selama satu bulan.

Selain Roberto, gelandang Andre Gomes yang hanya bermain selama 15 menit juga harus cuti panjang. Pemain timnas Portugal itu mengalami cedera paha. ‘’Untuk Gomes, dia kemungkina­n harus istirahat selama tiga atau empat pekan,’’ demikian keterangan tim medis Barca di situs resmi mereka. (io/c6/bas)

 ?? LOUISA GOULIAMAKI/AFP PHOTO ?? SEGALA CARA: Luis Suarez (tengah) masih sempat melepaskan tendangan salto di tengah kepungan pemain Olympiacos.
LOUISA GOULIAMAKI/AFP PHOTO SEGALA CARA: Luis Suarez (tengah) masih sempat melepaskan tendangan salto di tengah kepungan pemain Olympiacos.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia