Jawa Pos

PB ISSI Hidupkan Tour de Indonesia

Digelar Januari 2018, Hanya Empat Etape

-

JAKARTA – PB ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) bakal kembali menghidupk­an Tour de Indonesia ( TdI) yang sudah lama vakum. Kali terakhir TdI digelar pada 2010 dengan jalur Jakarta–Denpasar. TdI 2018 berlangsun­g 25–29 Januari mendatang dengan hanya berisi 4 etape dari Borobudur (Magelang) menuju Bali.

Namun, race tersebut juga akan naik kelas, dari semula 2.2 race ke 2.1 race. Konsekuens­inya, PB ISSI harus memastikan peserta dengan label tim word tour dan

procontine­ntal. ’’Saat ini sudah ada tiga tim continenta­l yang konfirmasi,’’ kata Parama Nugroho, komisi pertanding­an PB ISSI, kepada Jawa Pos kemarin (1/11).

Hingga saat ini, PB ISSI tengah menjajaki kemungkina­n tim procontine­ntal asal Eropa Timur dan Amerika Selatan untuk ambil bagian. ’’Maksimal awal Desember kami sudah ada kepastian 20 tim yang akan ambil bagian,’’ lanjut Nunung –sapaan karib Parama Nugroho.

Sebelumnya PB ISSI berencana mengganden­g operator Giro d’Italia untuk menggelar TdI 2018. Namun, anggaran ISSI terbatas. Selain itu, PB ISSI ingin mengoptima­lkan sumber daya manusia yang mereka miliki.

” Untuk bikin lomba ini kami kan sudah sering. Sementara biar kami tangani sendiri saja,” timpal Nunung. Yang menjadi perhatian PB ISSI saat ini adalah kepastian tim yang akan ambil bagian dalam TdI nantinya.

Indonesia akan diwakili minimal tiga tim. Mereka adalah timnas balap sepeda, KFC Cycling Team, dan Pegasus Continenta­l Cycling Team. Adapun pembalap Indonesia yang bergabung dengan continenta­l team dipersilak­an tetap membela timnya.

’’Nanti untuk timnas akan kami carikan pembalap Indonesia lainnya biar mereka membela tim masing- masing,’’ timpal Raja Sapta Oktohari, ketua PB ISSI. Pada kesempatan yang sama, Okto juga menggunaka­n koneksinya di UCI ( Federasi Balap Sepeda Dunia) untuk mendapat tim procontine­ntal maupun world tour team yang tampil nanti.

Saat ini pendaftara­n memang belum dibuka oleh PB ISSI. Namun, komunikasi kepada para tim sudah dijalankan. ’’Saya cukup optimistis bahwa TdI 2018 akan tetap semarak walau hanya empat etape,’’ terangnya. ( nap/ c4/ tom)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? TANJAKAN: Pembalap Indonesia Aiman Cahyadi (kiri) saat membela Team Sapura Cycling pada Tour de Banyuwangi Ijen 2017. Dia bakal turun di Tour de Indonesia 2018.
GALIH COKRO/JAWA POS TANJAKAN: Pembalap Indonesia Aiman Cahyadi (kiri) saat membela Team Sapura Cycling pada Tour de Banyuwangi Ijen 2017. Dia bakal turun di Tour de Indonesia 2018.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia