Jawa Pos

Golkar Kenang Jasa Sri Redjeki Sumarjoto

-

JAKARTA – Partai Golongan Karya ditinggalk­an salah seorang tokoh seniornya. Sosok anggota dewan pembina yang juga mantan Menteri Negara Pemberdaya­an Perempuan Sri Redjeki Sumarjoto meninggal pada usia 67 tahun di RS Pelni kemarin (2/11). Sebelum jenazah Sri Redjeki diberangka­tkan ke Solo, Jawa Tengah, untuk dimakamkan, Partai Golkar menggelar penghormat­an terakhir.

Upacara penghormat­an kepada Sri Redjeki itu berlangsun­g di aula DPP Partai Golkar. Sejumlah tokoh senior Partai Golkar hadir. Mulai Ketua Dewan Kehormatan B.J. Habibie, mantan anggota Dewan Pertimbang­an Partai Golkar Marzuki Darusman, Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie, hingga sejumlah pengurus harian DPP Partai Golkar. Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto tidak hadir karena sedang berada di Jogjakarta.

Habibie terlihat melayat almarhumah pada pukul 14.15 WIB. Presiden ke-3 RI itu hanya beberapa menit berada di tempat duka, kemudian meninggalk­an kantor DPP Partai Golkar. Habibie mengaku sedang flu, namun sebisanya memberikan penghormat­an terakhir kepada Sri Redjeki yang meninggal sekitar pukul 09.00 kemarin.

”Beliau sangat berjasa untuk gerakan wanita untuk masyarakat. Dia memperjuan­gkan agar tidak ada masalah gender di bumi ini. Beliau salah satu kader terbaik,” kata Habibie.

Dalam upacara penghormat­an itu, Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham didapuk sebagai inspektur. Idrus menyatakan, sosok Sri Redjeki adalah poli- tikus yang langka ditemui pada zaman ini. Bisa menjadi tokoh bangsa sekaligus kader Partai Golkar yang berjuang dari bawah. ”Beliau memulai dari kader biasa, menjadi ketua departemen, ketua DPP, anggota DPR, hingga menjadi menteri,” katanya.

Menteri Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak Yohana Yembise yang turut hadir di aula DPP Partai Golkar juga mengapresi­asi sosok Sri Redjeki. Sejak menjabat Meneg PP pada 2001 hingga 2004, Sri Redjeki telah berhasil meletakkan fondasi untuk perlindung­an anak dan perempuan.

”Pada masa beliau, ada dua UU yang berhasil disahkan, yakni UU Perlindung­an Anak dan UU Penghapusa­n Kekerasan dalam Rumah Tangga,” kata Yohana. (bay/c6/fat)

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? KADER BERINGIN: Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham memimpin acara penghormat­an terakhir kepada almarhumah Sri Redjeki Sumarjoto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, kemarin.
HENDRA EKA/JAWA POS KADER BERINGIN: Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham memimpin acara penghormat­an terakhir kepada almarhumah Sri Redjeki Sumarjoto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia