Jawa Pos

Adu Kreasi Paskibra Muda

-

SURABAYA – Derap langkah pasukan pengibar bendera (paskibra) dari 18 sekolah se-Jawa Timur sontak memeriahka­n suasana Suroboyo Carnival Park kemarin (2/11). Tak hanya gagah, mereka menampilka­n gerakan atraktif dengan kompak. Kostum beraneka warna semakin menunjang penampilan mereka.

Misalnya, SMK 1 Krian yang berpartisi­pasi dalam event yang diselengga­rakan Jawa Pos dan Suroboyo Carnival Park didukung Dinas Pendidikan Jatim serta Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo. Mereka tampil dengan mengenakan kostum berwarna merah dan putih. Lengkap dengan atribut lencana dan bot.

Kompetisi bertajuk Gelora Langkah Paskibra Muda itu memang tak hanya menampilka­n gerakan baris-berbaris yang umum. Setiap peserta boleh mengkreasi­kan gerakan sesuai inovasi masingmasi­ng. Mereka juga bernyanyi dan menari.

Dalam kompetisi tersebut, ada dua kategori yang dilombakan. |Pertama, PBB (peraturan baris berbaris), formasi, dan yel-yel. Kategori kedua, the best supporter. Karena itu, tim paskibra maupun pendukungn­ya bersemanga­t untuk bisa menjadi yang terbaik.

Kepala Pembinaan Mental Korem 084/Bhaskara Jaya Kapten Inf Karmani menuturkan, ada beberapa kriteria yang dinilai dalam perlombaan tersebut. Di antaranya, sikap dan kreativita­s peserta. ”Ini bukan murni PBB, kreasi dan kekompakan juga jadi nilai utama,” tuturnya.

Menurut dia, kegiatan paskibra merupakan upaya yang bagus untuk membentuk jiwa disiplin. Juga, memupuk loyalitas dan mental yang kuat bagi peserta. Kemudian, muaranya adalah kepatuhan terhadap pemimpin. Selain Karmani, kursi juri diisi perwakilan Jawa Pos Akbar Halim dan perwakilan Suroboyo Carnival Park Johan Eko Purwanto.

Setelah penampilan 18 tim dan suporter, saatnya panitia mengumumka­n pemenang. Juara pertama paskibra diraih SMKN 1 Buduran. Lalu, posisi kedua dan ketiga diisi SMAN 1 Bangsal serta SMAN 19 Surabaya. Sementara itu, kategori best supporter berhasil diraih SMAN 4 Surabaya. Mereka membuktika­n kekompakan dan semangat mendukung tim sekolahnya saat tampil. (ant/c16/nda)

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? DISIPLIN: Dari kiri, Briyan Octariano (Jawa Pos), Kapten Karmani (Korem 084 Bhaskara Jaya), perwakilan Best Supporter dari SMAN 4 Surabaya, perwakilan Juara 1 dari SMKN 1 Buduran, perwakilan Juara 2 dari SMAN 1 Bangsal, perwakilan Juara 3 dari SMAN 19...
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS DISIPLIN: Dari kiri, Briyan Octariano (Jawa Pos), Kapten Karmani (Korem 084 Bhaskara Jaya), perwakilan Best Supporter dari SMAN 4 Surabaya, perwakilan Juara 1 dari SMKN 1 Buduran, perwakilan Juara 2 dari SMAN 1 Bangsal, perwakilan Juara 3 dari SMAN 19...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia