Jawa Pos

Polisi Geledah Kantor Imigrasi

-

SURABAYA – Polrestabe­s Surabaya menggeleda­h kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak tadi malam. Belum diketahui pasti kasus yang sedang diselidiki. Kabarnya dugaan pungutan liar dalam hal pengurusan paspor di kantor tersebut.

Tim Polrestabe­s Surabaya masuk kantor imigrasi pada pukul 18.00. Lima jam polisi berada di dalam kantor itu. Belum diketahui pasti siapa yang diperiksa dalam kasus tersebut.

Kasatreskr­im Polrestabe­s Surabaya AKBP Leonard Sinambela belum banyak komentar. Dia membenarka­n bahwa polisi datang untuk melakukan penggeleda­han. Kasus masih didalami. ”Secepatnya nanti diinforma- sikan,” katanya.

Leo juga belum memastikan adakah pegawai di internal imigrasi yang ditangkap. Menurut dia, kasus yang sedang ditangani polisi itu masih dikembangk­an. Dia juga sedang memeriksa beberapa saksi. ”Setelah ada kepastian, nanti disampaika­n secara jelas,” ucap dia.

Berdasar pengamatan di lapangan, lebih dari empat mobil keluar dari kantor imigrasi tadi malam, pukul 23.00. Dari luar kaca, tampak satu orang menutupi wajah. Belum bisa dipastikan apakah orang tersebut pegawai imigrasi yang diamankan atau bukan.

Kepala Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Romi Yudianto mengatakan, penggeleda­han tersebut merupakan pukulan terberat bagi institusin­ya. Lelaki yang baru dua bulan menjabat itu menyatakan sepakat dengan program pemberanta­san pungutan liar di segala lini.

”Karena itu, kami serahkan segala proses hukum yang sedang dijalankan Polrestabe­s Surabaya,” katanya.

Dia juga mengaku sedang mendalami peristiwa yang menyangkut institusin­ya. Sejak awal menjabat, Romi sudah menyiapkan beberapa progam yang hendak diterapkan pada November ini. Salah satunya pengawasan di internal imigrasi. ”Program itu sudah siap kami jalankan,” ungkapnya. (bin/riq/c10/nw)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia