Jawa Pos

Zetizen Contoh Sukses Media Inovatif Asia

-

SINGAPURA – Kesuksesan Zetizen meraih Bronze dalam Asian Digital Media Awards 2017 tidak hanya diganjar trofi. Halaman anak muda yang juga bisa diakses melalui zetizen.com itu dijadikan contoh sukses membuat konten viral bagi generasi milenial. Bahwa anak muda tidak hanya disuguhi artikel, tetapi juga diajak melakukan aksi bersama.

CEO & Young Audiences Consultant Connection­s Aralynn McMane memperkena­lkan dua media sukses dalam konferensi Digital Media Asia 2017, Kamis pagi (2/11). Tema besar yang disampaika­n Aralynn adalah membuat konten yang mudah dibagikan dan viral untuk generasi milenial. Selain Zetizen, yang dijadikan contoh adalah R.AGE documentar­ies Malaysia.

Jawa Pos, lewat rubrik nya, diperkenal­kan sebagai media yang banyak melibatkan anak muda. Rubrik khusus anak muda itu dianggap sangat sukses karena menciptaka­n banyak momen kesan pertama yang membekas.

’’Seperti kompetisi pertama yang saya ikuti, berita pertama tentang saya, serta artikel pertama yang saya tulis di media,’’ terang Aralynn kepada para peserta dari berbagai negara Asia itu.

Dia lantas memerinci beberapa kegiatan yang berkaitan dengan berita pertama. Misalnya, soal polling rutin. Lantas, ada berita terkait dengan itu. Menurut dia, itu merupakan cara cerdik untuk mengajak anak berpartisi­pasi dalam pemberitaa­n. Apalagi, bahasan yang diambil sangat dekat dengan generasi milenial.

Perempuan asal Prancis tersebut juga mencontohk­an kegiatan

yang berhasil menarik anak muda. Salah satunya Zetizen Jawa Pos National Challenge yang berbuah trofi inovasi terbaik. Program itu bisa menarik puluhan ribu anak muda untuk berpartisi­pasi. ’’Ini semua sudah dilakukan dengan benar oleh

katanya. Perempuan berkacamat­a tersebut menambahka­n, Jawa Pos bisa menjadi contoh bagaimana sebuah inovasi dapat sukses tercipta dalam perusahaan media cetak. Sebab, dalam pengamatan­nya, manajemen Jawa Pos memberikan kepercayaa­n dan ruang gerak yang besar kepada anggotanya untuk melakukan hal tersebut.

Sebagaiman­a diketahui, Pos secara rutin memuat artikel berita bohong dan penjelasan yang sebenarnya sejak 4 Juli 2017. Rubrik

itu hadir setiap hari di halaman 2 koran dan muncul di JawaPos.com. (*/c5/nw)

 ??  ?? music icon, pop phenomenon,
best-selling female artist of all time. Jawa Jawa Jawa Pos Clearing House of Informatio­n
music icon, pop phenomenon, best-selling female artist of all time. Jawa Jawa Jawa Pos Clearing House of Informatio­n
 ??  ?? ZetizenZet­izen Pos,’’
ZetizenZet­izen Pos,’’

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia