Jawa Pos

Terusik Kegagalan Penalti

-

LIVERPOOL – Maribor memang bukan lawan sepadan bagi Liverpool. Dua kali bersua, The Reds –julukan Liverpool– sukses mencetak 10 gol tanpa balas. Pada pertemuan pertama di kandang Maribor (18/10), Liverpool menang 7-0. Nah, saat giliran menjadi tuan rumah di Stadion Anfield kemarin dini hari, skuad asuhan Juergen Klopp menang 3-0.

Gol kemenangan Liverpool dicetak Mohamed Salah pada menit ke-49, Emre Can (64’), dan Daniel Sturridge (90’). Wakil Inggris itu seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol. Salah satunya berasal dari eksekusi penalti. Sayang, sepakan James Milner digagalkan kiper Maribor Jasmin Handanovic pada menit ke-53.

Kegagalan Milner menjadi perhatian Klopp. Ada tiga hadiah penalti yang gagal berbuah gol dari empat kesempatan. ”Padahal, sepakan Milner sudah bagus. Tapi, penyelamat­an yang dilakukan (Handanovic, Red) juga fantastis. Anda harus menghormat­inya,” kata Klopp kepada Mirror.

Pelatih asal Jerman tersebut mengakui bahwa kelemahan Liverpool saat ini adalah belum adanya eksekutor penalti yang mumpuni. Klopp memastikan pemain lain mendapat kesempatan untuk jadi penendang penalti berikutnya.

Mengapa Klopp memilih Milner? Padahal, dari enam penalti sebelumnya, Milner empat kali gagal. ”Menurut saya, penalti terakhir kami (Salah) kurang kreatif,” ujar Klopp merujuk eksekusi Salah saat Liverpool menang 3-0 melawan Huddersfie­ld (28/10) di Premier League. ”Sebelumnya, Fir mino juga gagal. Namun, kami pasti akan menemukan pemain yang cocok untuk itu dalam laga selanjutny­a,” tutur mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Kemenangan itu mengukuhka­n Liverpool di pucuk klasemen grup E dengan 8 poin. Meski begitu, tiga angka atas Maribor harus dibayar mahal dengan cederanya Giorginio Winaldum. Gelandang timnas Belanda tersebut cedera engkel dan digantikan Jordan Henderson saat laga baru memasuki menit ke-17. Dia diragukan untuk bisa pulih dalam waktu cepat.

Padahal, matchday kelima sangat krusial bagi Liverpool karena akan bertandang ke Stadion Ramón Sánchez Pizjuán menghadapi Sevilla (22/11). Wakil Spanyol itu berada di peringkat kedua dengan 7 poin. Sementara itu, Spartak Moscow menguntit ketat di tempat ketiga dengan 5 poin.

”Saya gembira dengan hasil ini. Apalagi, gol saya membantu kemenangan tim,” ucap Emre Can. ”Saya rasa semuanya berlangsun­g dengan baik di Liga Champions. Bila memenangi dua laga berikutnya, kami bisa melanjutka­n tren positif tersebut,” imbuh gelandang timnas Jerman itu. (io/c16/ca)

 ?? CARL RECINE/REUTERS ?? MAKIN NYETEL: Bintang Liverpool Mohamed Salah merayakan gol saat melawan Maribor di Stadion Anfield kemarin dini hari WIB.
CARL RECINE/REUTERS MAKIN NYETEL: Bintang Liverpool Mohamed Salah merayakan gol saat melawan Maribor di Stadion Anfield kemarin dini hari WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia