Jawa Pos

Beragam Paket Soal untuk Latihan

Pelajar SMP Jalani UNBK, USBK, dan USBN

-

SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya telah menyiapkan 50 paket soal untuk siswa SMP/MTs. Disusunnya puluhan paket soal tersebut bertujuan mempersiap­kan siswa kelas IX dalam menghadapi ujian nasional (unas) pada April 2018.

Kepala Dispendik Kota Surabaya Ikhsan mengungkap­kan, kisi-kisi soal unas sudah disebarkan ke seluruh sekolah. Dari kisikisi itu, dispendik membuat puluhan paket soal yang digunakan untuk tryout siswa. Seluruh paket soal dispendik tersebut berupa soft file. Karena itu, sekolah leluasa menentukan model tryout. Baik online, semi-online, maupun offline. ”Semua bisa dilakukan sekolah,” ucapnya.

Meski tidak ada batasan minimal untuk uji coba soal ujian, Ikhsan berharap sekolah bisa lebih banyak menyelengg­arakan tryout. Langkah itu terbilang penting agar saat unas berlangsun­g, siswa tidak tegang dan terbiasa mengerjaka­n soal yang diberikan.

Paket soal tryout tersebut sebenarnya dibuat sejak tahun lalu. Berdasar latihan itu, hasil ujian siswa SMP/ MTs di Surabaya meningkat jika dibanding kan dengan tahun sebelumnya. ” Nah, karena efektif, strategi ini terus kami berikan,” katanya.

Ketua MGMP Matematika SMP Kota Surabaya Endang Sri Renastutik menyampaik­an, persiapan menjelang unas dilakukan dengan matang. Salah satunya menyiapkan soal latihan. Tim MGMP, lanjut dia, memiliki 34 paket soal. Tahun ini ada tambahan 20 paket soal. Jadi, total ada 54 paket soal.

Secara umum, tidak ada perbedaan antara materi soal tahun lalu dan tahun ini. Dengan begitu, kisi-kisinya sama. Sebab, Kurikulum 2013 baru ada di kelas VII sehingga belum menyeluruh sampai kelas IX. Meski demikian, pasti ada soal-soal dengan high order thinking (HOT).

Menurut dia, materi soal HOT ada sejak dua tahun lalu. Jumlah soalnya semakin bertambah dari tahun ke tahun. Pada tahun pelajaran 2015–2016, ada 5–6 soal HOT. Pada tahun berikutnya, ada 8 soal. Diprediksi, tahun ini bisa mencapai 10 soal HOT.

Endang mengingatk­an siswa agar tidak salah persepsi tentang soal HOT. Soal HOT bukan melulu soal yang sukar. Melainkan soal yang penyelesai­annya membutuhka­n penalaran atau logika. Karena itu, siswa diajak untuk mengasah logika berpikirny­a dengan baik.

Kepala SMPN 28 Surabaya Triworo Parnoningr­um menyatakan, sejak Oktober, persiapan unas dilakukan. Di sekolahnya, diadakan pemetaan kelas. Caranya melalui dua kali tryout offline dan satu kali tryout online.

Dia menerangka­n, sejak awal November 2017 hingga Maret 2018, mulai jam ke-0, para siswa memperoleh tambahan materi dari guru mapel unas. Selama itu pula, siswa mengikuti tryout. ”Di sela-sela itu, mereka juga mendapat pengayaan materi untuk ujian sekolah,” terangnya.

Yang tidak kalah penting adalah pendamping­an motivasi dan spiritual. Termasuk parenting berkala untuk sinergi program sukses ujian nasional berbasis komputer (UNBK), ujian sekolah berbasis komputer (USBK), dan ujian sekolah berstandar nasional (USBN). (elo/puj/c16/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia