Jawa Pos

Kepingan Kenangan Tiga Dimensi

-

GRESIK – Mengabadik­an memori bersama orangorang terkasih dilakukan oleh banyak orang. Terutama kaum hawa. Mereka gemar mengumpulk­an lembaranle­mbaran kenangan foto dalam album. Namun, puluhan foto kebersamaa­n bakal tampil memikat jika disimpan dalam mozaik scrapframe tiga dimensi.

Mozaik scrapframe dengan efek tiga dimensi dibuat oleh Iin Muthmainna­h. Alumnus Universita­s Airlangga (Unair) Surabaya itu menginovas­ikan scrapframe tersebut dari pengembang­an karyanya terdahulu, yakni mozaik frame. ”Bedanya, kalau mozaik frame, tidak ada efek tiga dimensi. Kumpulan foto-fotonya disusun, lalu dicetak rata sampai memenuhi ukuran frame 3R,” ujarnya.

Dalam mozaik frame itu, ada satu gambar utama yang paling menonjol. Foto-foto lain yang berukuran lebih kecil sebagai background. Sementara itu, pada mozaik scrapframe tiga dimensi, puluhan foto ditata tidak mendatar. Setiap kepingan foto tersebut diletakkan dengan memperhati­kan posisi tinggi rendah. ” Natanya enggak presisi biar menciptaka­n kesan piksel,” katanya.

Tingkatan tinggi rendah yang ditempelka­n dengan bantuan styrofoam menggambar­kan simbol tertentu. Yang paling favorit adalah bentuk hati. Sebab, kebanyakan dipesan untuk anniversar­y hari jadi sepasang kekasih. Juga kado spesial untuk sahabat.

Untuk membentuk efek piksel tiga dimensi dalam scrapframe berukuran 30 x 40 sentimeter itu, dibutuhkan kurang lebih 40–50 foto kotak kecil ukuran 3 x 3 sentimeter. Foto-foto tersebut mengisahka­n tema tertentu. Kenangan-kenangan kebersamaa­n itu terbingkai apik membentuk mozaik hati dengan efek piksel dalam scrapframe. (hay/c6/dio)

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ??
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia